Sat. Mar 2nd, 2024

BENGKALIS (pesisirnasional.com)- Pangkalan TNI AL Dumai mengerahkan Tenaga Kesehatan untuk melaksanakan Serbuan Vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat Maritim di pulau-pulau terluar dalam rangka HUT TNI AL Ke-76 Tahun 2021 yang bertemakan “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Kegiatan positif itu dilaksanakan dalam rangka mendukung Program Pemerintah guna percepatan Vaksinasi kepada seluruh masyarakat Indonesia, dengan tujuan tercapainya Herd Immunity bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Selasa (7/9/2021).

Pelaksanaan vaksin kali ini untuk sebanyak 1000 orang penerima dosis pertama dan sebanyak 250 orang dosis kedua, dengan bersinergi bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis, Kodim 0303/Bengkalis, Relawan Peduli Covid-19 Bengkalis, Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) dan organisasi masyarakat Pemuda Pancasila (PP).

Terlihat serbuan Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan di dua titik yakni Pelabuhan Bandar Sri Laksamana, dan Pantai Indah Selat Baru, Kabupaten Bengkalis yang turut ditinjau langsung oleh Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi dengan didampingi Bupati Bengkalis, Kasmarni SSos MMP bersama Forkopimda Kabupaten Bengkalis, dan komponen lainnya.

Pada kesempatan itu, Komandan Lanal Dumai, Kolonel Laut (P) Himawan MMSMC menyampaikan bahwa Kabupaten Bengkalis adalah salah satu Pulau terluar di Provinsi Riau yang berhadapan langsung dengan Negara tetangga, Malaysia.

“Serbuan Vaksin ini merupakan tindaklanjut dari arahan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono SE MM melalui jajaran yang secara konsisten melaksanakan serbuan Vaksinasi terhadap masyarakat pesisir, nelayan dan ABK Kapal di wilayah kerja khususnya yang mungkin sulit terjangkau sehingga diharapkan dapat terjadi pemerataan penerimaan Vaksin bagi masyarakat secara menyeluruh,” pungkas Kolonel Laut (P) Himawan MMSMC.

Sementara itu Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI AL dan semua pihak yang telah membantu Pemerintah dalam mensukseskan vaksinasi. Diharapkan kerjasama yang baik dapat terus berlanjut sehingga Pandemi Covid-19 di Provinsi Riau khususnya dapat segera usai.

“Atas nama Pemprov Riau mengucapkan terima kasih kepada TNI AL Lanal Dumai yang secara konsisten melaksanakan Serbuan Vaksinasi terhadap masyarakat maritim di Provinsi Riau. Tentunya melalui sinergitas dan kolaborasi yang baik dengan Instansi Pemerintah Daerah serta kerja keras kita semua dalam memberikan Vaksin kepada masyarakat di daerah pesisir dan pulau-pulau terluar dapat membantu menekan laju penyebaran Covid-19. Mudah-mudahan Pandemi ini segera berakhir”, ungkap Gubri.

Menariknya lagi, disela-sela kegiatan Serbuan Vaksin Covid-19 tersebut terlihat Lanal Dumai juga melaksanakan Kegiatan Bhakti Sosial pemberian sembako kepada sejumlah masyarakat nelayan yang terdampak Covid-19 di Kabupaten Bengkalis.(Red)

By Andi