Fri. Mar 1st, 2024

PesisirNasional.com – Bencana longsor terjadi di liku Endikat, Kelurahan Atung Bungsu, Kecamatan Dempo Selatan, Pagaralam, Sumatera Selatan. Material longsor menutupi badan jalan sehingga jalur transportasi putus.

Kabid Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori mengungkapkan, longsor terjadi akibat curah hujan cukup tinggi, Jumat (17/9) pukul 10.00 WIB. Longsoran dari tebing di samping jalan nasional itu sepanjang 10 meter.

“Longsor terjadi pukul 10 tadi, sejauh ini dilaporkan tidak ada korban jiwa,” ungkap Ansori.

Dikatakan, longsor menyebabkan arus lalu lintas Pagaralam-Lahat melewati jalur itu terputus. Bahkan saat ini terjadi antrean kendaraan baik roda dua maupun roda empat sepanjang 3 kilometer.

“Sekarang masih berlangsung pembersihan oleh sejumlah instansi dengan alat berat agar jalan segera dapat dilewati,” kata dia.

Untuk sementara, pengendara dialihkan ke jalan alternatif di Simpang Embacang, Kecamatan Dempo Tengah, Pagaralam. Sementara pengendara dari Lahat bisa melewati jalur di Gumay Ulu.

“Petugas kepolisian sudah merekayasa lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di jalur Endikat,” pungkasnya. [cob]

Sumber: Merdeka

By redaksi