Tue. Jun 25th, 2024

PesisirNasional.com – Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, menyampaikan pandemi Covid-19 menjadi titik perubahan peradaban para dokter dengan teknologi. Saat semua aspek berbasis digital, Budi mengingatkan digitalisasi kesehatan harus diseimbangkan dengan kemampuan dokter.

“Tentunya digitalisasi dan penguatan sistem informasi kesehatan, perlu diimbangi dengan kemampuan digital yang mumpuni dari seorang dokter,” ucap Budi saat menyampaikan sambutan pelantikan pengurus persatuan dokter digital Indonesia (Predigti), Sabtu (18/9).

Budi menuturkan, selain menerapkan disiplin ilmu, penting untuk para dokter beradaptasi dengan teknologi seiring dengan perubahan perilaku manusia dari manual menjadi otomatis. Termasuk dalam konsultasi kesehatan.

Saat ini, kata Budi, banyak bermunculan layanan telemedicine akibat dampak dari pandemi Covid-19. Kenyataan ini perlu dimanfaatkan secara optimal menggunakan kapasitas yang dimiliki para dokter.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu juga menilai, digitalisasi kesehatan dapat membantu para dokter melakukan whole genome sequencing dari mutasi Covid.

“Pemanfaatan teknologi artificial intelligence pada bidang kesehatan dapat digunakan sebagai media dan riset kesehatan seperti halnya analisis whole genome sequencing yang digunakan untuk deteksi varian virus Corona,” katanya. [lia]

Sumber: Merdeka

By redaksi