Sun. Apr 14th, 2024

PesisirNasional.com – Guna mendukung sektor pariwisata, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyiapkan empat unit mobil listrik. Mobil dengan desain unik tersebut akan dioperasikan untuk wisatawan berkeliling kota. Mobil klasik berwarna putih dan merah tua itu merupakan sumbangan dari Tahir Foundation atau Bank Mayapada.

“Kita dapat empat unit mobil listrik klasik dari Tahir Foundation. Nanti kita gunakan untuk wisatawan,” ujar Gibran, Senin (27/9).

Menurut Gibran, keempat unit mobil listrik itu tiba di Balai Kota Solo pada Senin pagi. Mobil itu diparkirkan di kompleks kantor wali kota. Menurut dia, mobil bantuan tersebut dikirim secara bertahap.

“Total mobil listrik nanti ada 8 unit. Datangnya bertahap,” jelas dia.

Untuk 4 unit ini, dikatakan Gibran, baru tiba pekan ini. Sedangkan sisanya akan tiba pekan depan. Setelah seluruhnya tiba di Solo, baru akan diserahterimakan.

“Rencananya nanti untuk kegiatan pariwisata, seperti Bus Tingkat Pariwisata (Bus Werkudara),” jelasnya lagi.

Gibran menambahkan, operasional mobil listrik berpenumpang maksimal enam orang tersebut akan diserahkan pada Dinas Perhubungan. Rencananya, mobil listrik akan dioperasikan untuk rute wisata jarak pendek.

“Nanti untuk rute jarak pendek, l Kampung Batik Kauman dan Kampung Batik Laweyan,” katanya.

Kendati demikian, sampai saat ini rute pasti untuk mobil listrik wisata tersebut belum dipastikan. Menurutnya, Dinas Perhubungan yang akan menentukan rutenya.

“Yang pasti untuk tempat wisata-wisata. Mobilnya ramah lingkungan dan bisa masuk ke gang-gang sempit,” pungkas dia. [cob]

Sumber: Merdeka

By redaksi