Mon. Jun 17th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Saat ini Pemerintah Desa (Pemdes) Bagan Melibur, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti telah melaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai – Dana Desa (BLT – DD) sesuai dengan Peraturan yang berlaku. Namun menjelang akhir tahun 2021 ini untuk jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Bagan Melibur yang awalnya berjumlah 102 Kepala Keluarga (KK) bakal berkurang disalurkan sebanyak 42 KPM mulai bulan November 2021 mendatang.

Pengurangan tersebut terjadi diakibatkan 42 KPM itu sudah terdaftar sebagai calon penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kementrian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia yang akan disalurkan dalam bulan November nanti.

Informasi ini disampaikan Kepala Desa (Kades) Bagan Melibur, Isnadi Esman SPd kepada media ini usai pelaksanaan penyerahan BLT DD bulan Oktober 2021 di kantor Desa, Jum’at (22/10/2021).

“Terkait hal itu dari sebanyak 102 Keluarga Penerima Manfaat BLT-DD InsyaAllah mulai bulan depan (November,red) akan berkurang sebanyak 42 KPM yang datanya sudah terdaftar sebagai calon penerima BPNT Kemensos. Sesuai jadwal direncanakan tanggal 28 Oktober nanti sebanyak 42 KPM ini akan mengambil kartu KKS mereka, dan kebijakan ini masuk dalam APBDes Perubahan,” jelas pria gagah berkacamata tersebut.

Orang nomor satu di Pemdes Bagan Melibur itu juga mengharapkan, dengan telah dilaksanakan secara rutin penyaluran BLT DD Bagan Melibur ini diharapkan dapat membantu warga terdampak Pandemi Covid-19 dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, selain itu juga diharapkan dapat membantu memudahkan warga dalam memanfaatkan bantuan ini untuk kegiatan usaha yang sifatnya berkepanjangan kedepan.

“Program Pemerintah dalam penyaluran BLT ini diharapkan dapat bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga. Yang paling penting bantuan ini diharapkan dapat digunakan tidak hanya untuk konsumtif warga namun dapat bermanfaat produktif bagi keberlangsungan usaha warga masing-masing ditengah Pandemi Covid-19 yang sifatnya berkelanjutan,” harap Isnadi.

Ia juga berharap dukungan dan doa restu masyarakat kedepan untuk dapat mendukung program Pemerintah sehingga berjalan dengan baik, khususnya dalam membantu memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Kepulauan Meranti secara bersama.

“Mari dukung Pemerintah kedepan, patuhi Protokol Kesehatan dengan baik agar Pandemi Covid-19 ini cepat usai, jaga kesehatan diri dan keluarga demi kepentingan kesehatan kita bersama. Semoga dengan semangat dan kerjasama kita semua apa yang diharapkan dapat tercapai dengan baik nantinya,” ungkap Kades Bagan Melibur.(Andi).

By Andi