Fri. Mar 1st, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- PT. Imbang Tata Alam (ITA) dan Bakrie Amanah bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan (Pemcam) menggelar khitanan ceria untuk 117 anak yang tinggal wilayah operasional perusahaan di Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kabupaten Siak pada 23 – 34 Desember 2022.

Kegiatan dilaksanakan di beberapa lokasi yakni Puskesmas Teluk Belitung, Poskesdes Lukit, Kantor Desa Tanjung Peranap, Puskesmas Alai dan rumah warga Desa Mengkikip, yang semuanya berada di Kabupaten Kepulauan Meranti. Kegiatan juga dilaksanakan di SDN 13 Lalang Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak.

Area Manager PT ITA, Bonar Ari Nindito mengatakan khitanan cerita ini merupakan program Bakrie Amanah bersama PT ITA dengan melibatkan UPT Puskesmas di wilayah operasional perusahaan. Perusahaan bekerja sama dengan pemerintah desa dan Puskesmas setempat untuk memilih anak-anak yang menjadi peserta khitan.

“Alhamdulillah pelaksanaan khitanan cerita tahun ini berjalan sukses dengan diikuti peserta sebanyak 117 orang, terdiri dari 38 dari Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, kemudian 40 dari Kecamatan Merbau dan 39 anak dari Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat khususnya dalam program kesehatan ini,” kata Bonar Ari Nindito.

Beliau menyampaikan terima kasih kepada semua pihak baik dari tim Bakrie Amanah, Pemerintah Kabupaten, Pemerintah Kecamatan, UPT Puskesmas, Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Mahasiswa, serta semua unsur terlibat yang telah membantu mensukseskan kegiatan tersebut.

Ketua Khitanan Ceria 1444 H, Asep Rosidin menjelaskan, kegiatan ini dilakukan selain di Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kabupaten Siak, juga di berbagai titik wilayah Sumatera yakni di Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi, Kabupaten Asahan dan Kabupaten Labuhanbatu Utara di Provinsi Sumatera Utara, Kota Bekasi di Provinsi Jawa Barat dan Masjid Al-Bakrie di Jakarta Selatan.

Camat Merbau, Muhammad Nazir SPd MSi menyampaikan apresiasi serta terima kasih atas program positif perusahaan. “Ini adalah bukti kepedulian perusahaan dan kita bersama kepada masyarakat. Semoga kegiatan ini bermanfaat sehingga nantinya visi Kabupaten Kepulauan Meranti untuk maju, cerdas, dan bermartabat bisa tercapai,” ungkapnya.

Dari pantauan lapangan, pelaksanaan khitanan di Kecamatan Merbau berlangsung meriah di mana dilakukan prosesi adat tepuk tepung tawar oleh Upika Merbau kepada peserta khitanan di Gedung LAMR Merbau. Selanjutnya peserta diarak dengan diiringi alat musik kompang menuju ke tempat pelaksanaan khitan di Puskesmas Teluk Belitung.(Ali Sanip)

By Andi