Sat. Jul 13th, 2024

PesisirNasional.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah memastikan pelaksanaan simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) di 35 Kabupaten Kota berjalan baik. Hasil evaluasi selama 10 hari terakhir, tidak ada siswa yang terkonfirmasi covid-19.

“Selama ini semua siswa dalam kondisi sehat selama ikut PTM terbatas sekitar 10 hari berlangsung secara kondusif,” kata Sekretaris Disdikbud Jateng, Suyanta saat dikonfirmasi, Senin (13/9).

Selama pelaksanaan PTM terbatas, pihaknya selalu rutin mengecek kondisi sekolah melalui cabang dinas di masing-masing daerah. Setiap sekolah dipantau melalui monitoring sistem acak. Pada jenjang SD dipantau setiap pagi, untuk jenjang SMP dan SMA juga dipantau secara berkala melalui petugas satgas COVID-19 tingkat sekolahan.

“Kepatuhan prokes siswa kalau saya kira sudah 100 persen hampir baik. Kita rutin cek ke satgas sekolahan masing-masing. Jadi sesuai edaran dan instruksi dari Mendagri, maka PTM dilanjutkan sampai ada aturan atau juknis baru yang dibuat oleh Mendagri,” ungkapnya.

Setiap pemantauan PTM terbatas di sekolah, pihaknya menyoroti tindakan sekolahan yang tidak bisa memantau aktivitas siswa saat pulang sekolah. Selain itu ada beberapa siswa yang dilaporkan lupa mencopot masker saat di sekolah. Terkait hal tersebut, menurutnya bukan sebuah pelanggaran yang krusial.

“Kita tegur sekolahnya supaya ketat mengawasi siswanya selama belajar tatap muka di kelas. Semoga saja kasus Covid-19 segera landai supaya kita semua bisa nyaman saat mengawal PTM,” pungkas Suyanta. [eko]

Sumber: Merdeka

By redaksi