Sat. Feb 24th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Sebagai upaya memastikan progres perbaikan mesin Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Melibur yang hingga kini sudah satu bulan mengalami kerusakan membuat Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti beserta Upika tidak tinggal diam.

Buktinya, Camat Merbau Abdul Hamid, S.ThI.MM didamping Kapolsek Merbau yang diwakili personel Polsek Merbau, Bripka Mardoni, Kasi Trantip Kecamatan Merbau, Zainal, SE beserta anggota Satpol PP dan komponen lainnya pantau secara langsung kelapangan guna melihat kondisi kerusakan mesin PLTMG Melibur, Rabu (20/5/2020).

Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, awal terjadinya hal tersebut disebabkan karena adanya kerusakan rotor exceiter pada generator E#8 yang waktu itu prediksi pelaksanaan perbaikannya membutuhkan waktu 3 sampai 4 hari kerja. Namun setelah selesai dikerjakan rotor exceiternya ternyata ada kerusakan juga pada main stator karena arus yang bocor setelah di megger.

Mesin PLTMG yang terletak di jalan EMP Malacca Strait SA itu, dikabarkan mesin yang sejak kamarin mengalami kerusakan tersebut dibawah pengawasan PT. Bima Golden Pawerindo (BGP).

Koordinator PLTMG Melibur, Dedi Ramli dalam pertemuan di Kantor Camat Merbau pada hari dan tanggal yang sama mengatakan, semulanya kita sudah berupaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki kerusakan mesin tersebut.

“Berbagai upaya juga sudah dilakukan dengan mendatangkan mekanik kita, namun kerusakan tersebut belum juga bisa teratasi”, bebernya.

Diakui perwakilan PT. BGP tersebut, selain mendatang mekanik dari pihak kita, kemarin melalai swadaya juga dibantu dengan salah seorang mekanik lokal yakni Risnofrianto, namun disayangkan upaya itu juga tidak berhasil sebagaimana diharapkan.

“Sekarang mesin kita di sana sudah dua unit yang rusak”, ungkap Dedi Ramli dalam forum pertemuan di Kantor Camat Merbau.

Mendengar pengakuan dari pihak PLTMG tersebut, Camat Merbau Abdul Hamid, S.ThI.MM bersama Personil Polsek Merbau dan Kasi Trantip Kecamatan Merbau langsung mengecek dan memantau kerusakan mesin E#8 PLTMG Melibur tersebut.

Dalam kesempatan itu, Camat Merbau mengatakan, kita berharap kepada pihak PLN dan PT. BGP agar secepatnya bisa memperbaiki kerusakan mesin tersebut, bagaimana caranya itu sudah menjadi tanggung jawab pihak Perusahaan.

“Saya minta jangan ada lagi terjadi pemadaman listrik secara bergilir seperti sekarang pada saat hari raya Idul Fitri nanti”, pungkas Camat Merbau menegaskan.(Ali Sanip)

By redaksi