Mon. Apr 22nd, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Meranti, Basiran SE MM melaksanakan kegiatan Penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) nomor 5 tahun 2019 tentang ketertiban umum. Kegiatan yang tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) itu dilaksanakan di Desa Bagan Melibur pada Ahad (18/7/2021) siang.

Penyebarluasan Perda tersebut dilakukan sesuai Peraturan DPRD Kepulauan Meranti nomor 1 tahun 2021 tentang perubahan atas peraturan DPRD Kepulauan Meranti nomor 01 tahun 2019 tentang tata tertib DPRD Kepulauan Meranti.

Anggota Komisi II DPRD Meranti, Basiran SE MM kepada media ini mengatakan, pelaksanaan penyebarluasan Perda ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang peraturan daerah yang telah disahkan khususnya tentang ketertiban umum.

“Kami hadir hari ini dalam rangka memberikan informasi sekaligus ingin mendengar langsung aspirasi atau masukan dari masyarakat serta pemangku kepentingan. Sehingga penyebarluasan Perda ini kami laksanakan sejak penyusunan Prompemperda hingga menjadi Perda,” terang politisi Partai Gerindra tersebut.

Lebih lanjut Anggota DPRD Meranti tiga periode itu juga menuturkan, dalam Perda nomor 5 tahun 2019 tentang ketertiban umum ini secara keseluruhan terdiri dari 16 Bab dan 39 Pasal, namun yang menjadi pembahasan bersama ada beberapa poin penting sesuai keadaan wilayah khususnya di Desa Bagan Melibur.

“Dalam pertemuan hari ini kita membahas beberapa poin penting yang terdapat dalam Perda tersebut sesuai kondisi di Desa Bagan Melibur ini. Seperti yang tertera dalam Bab II tentang tertib jalan dan angkutan umum (6 Pasal), lalu poin Bab III tentang tertib jalur hijau, taman dan tempat umum (1 Pasal), kemudian dalam Bab IV tentang tertib kebersihan dan keindahan lingkungan hidup (3 Pasal). Semua itu sangat penting diketahui secara menyeluruh oleh masyarakat kita saat ini, karena ketertiban umum adalah pondasi kehidupan bermasyarakat,” beber Basiran.

Mudah-mudahan dengan penyebarluasan informasi ini dapat bermanfaat dan menjadi pengetahuan tambahan kita bersama guna kepentingan masyarakat banyak kedepan, ungkapnya.

Terlihat dalam kegiatan tersebut juga dilakukan sesi tanya jawab serta diskusi bersama perwakilan Pemerintah Desa Bagan Melibur, BPD Bagan Melibur, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan yang hadir lainnya.(Andi)

By Andi