Mon. Jun 17th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Dalam rangka mengantisipasi agar masyarakat dihindari dari penyebaran Covid-19, semua pihak senantiasa berupaya untuk mengerahkan dan menyarankan kepada seluruh masyarakat agar melaksanakan Vaksinasi demi kepentinga kesehatan bersama.

Terlihat hari ini, pihak Puskesmas Teluk Belitung kerjasama Polsek Merbau telah melakukan Vaksinasi untuk dosis 2 Sinovac dan dosis 1 Pfizer, yang dipusatkan di Gedung Puskesmas Teluk Belitung, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti pada Rabu (15/12/2021).

Pantauan di lapangan, bagi warga yang akan di Vaksinasi dosis pertama wajib membawa KTP, sedangkan untuk vaksinasi dosis 2 membawa KTP dan surat vaksin pertama. Dalam proses tersebut juga terlihat sebelum dilakukan Vaksinasi, warga terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan secara medis guna memastikan boleh dan aman untuk divaksinasi.

Dalam kesempatan itu, Kapolsek Merbau IPTU Sahrudin Pangaribuan SH menghimbau dan menyarakan kepada sejumlah warga yang akan melaksanakan vaksin sekiranya dapat menyampaikan kepada warga atau jiran terdekat lainnya yang belum mengikuti vaksinasi agar dapat segera vaksin demi memutus mata rantai penyebaran virus asal Wuhan tersebut.

“Kami menghimbau kepada kita semua tolong sampaikan kepada warga dan tetangga yang belum mengikuti Vaksin agar datang segera ke tempat vaksinasi di wilayah terdekat. Yang jelas vaksin semuanya aman untuk kesehatan kita sendiri, keluarga, dan masyarakat. Kemudian tetap selalu gunakan masker dalam setiap aktifitas”, tegas IPTU Sahrudin Pangaribuan.

Menurut orang nomor satu dijajaran Polsek Merbau menuturkan, saat ini Pemerintah terus gencar mengejar target 70 persen masyarakat sudah divaksinasi. Hal ini memang sangat penting dilakukan, karena dalam segala urusan kedepan baik di Pemerintahan, Swasta maupun keberangkatan semua harus menunjukkan bukti surat tanda sudah di Vaksin terlebih dahulu.

“Kita mengejar target untuk dapat vaksi pada usia anak 6 (Enam) sampai dengan 12 (Dua belas) tahun, jadi bapak ibuk tidak perlu khawatir, andaikan ada keluhan dan penyakit bawaan sampaikan saja kepada pihak puskesmas nanti, jangan ragu mari Vaksin,” ungkap Kapolsek Merbau.

Pj Kepala UPT Puskesmas Teluk Belitung, Apriadi Saputra AMk saat dikonfirmasi media ini mengatakan, pihaknya bersama Upika Kecamatan Merbau terus gencar melaksanakan vaksinasi sampai ke pelosok perdesaan di wilayah Kecamatan Merbau. Mudah-mudahan upaya ini dapat membantu mempercepat penanganan Pandemi Covid-19 nantinya.

“Secara keseluruhan data masyarakat yang telah di vaksin tidak sama kami bang, sejauh ini kami merekap hanya data masyarakat yang datang ke Puskesmas. Sementara bagi masyarakat yang ikut Vaksinasi di setiap Desa, datanya tidak di kirim kepada kami, kemarin sudah kita sampaikan agar pihak desa mekaporkan hasil data yang valid, begitu juga pak Camat sudah menegaskan kepada pihak desa agar data dikirim, tetapi sampai hari ini kami belum ada menerima data tersebut,” bebernya.

Ia juga berharap agar seluruh masyarakat untuk segera mungkin melaksanakan vaksin demi kepentingan kesehatan bersama. Karena dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona ini dibutuhkan dukungan dan kerjasama semua pihak agar apa yang diharapkan dapat tercapai dengan baik serta maksimal.

“Kita berharap kepada masyarakat jangan ragu dan takut untuk vaksin, ini upaya pemerintah untuk memutus mata rantai Covid 19, dimana vaksin ini sebagai peningkatan imun tubuh kita demi kesehatan diri sendiri, keluarga dan seluruh masyarakat,” ungkapnya.(Ali Sanip)

By Andi