Mon. Feb 26th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Kelompok Konservasi Mangrove Sungai Merambai Kecamatan Merbau dan PT. ITA (Imbang Tata Alam) bersinergi dengan UPIKA (Unsur Pimpinan Kecamatan) Merbau melaksanakan penanaman 500 bibit mangrove sebagai wujud kepedulian bersama terhadap lingkungan, terutama untuk meminimalisir resiko abrasi.

Penanaman mangrove dengan tema “Aksi cinta bumi, adopsi mangrove demi kelangsungan hidup masa depan” kali ini dilakukan dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Kepulauan Meranti ke 14 yang dilaksanakan di tepian pantai Konservasi Mangrove Sungai Merambai jalan Nelayan Kelurahan Teluk Belitung, Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti pada Rabu (21/12/2022) lalu.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Pengurus Konservasi Mangrove Sungai Merambai, Hendri Rizal mengatakan, kami mewakili Ketua dan seluruh pengurus mengucapkan ribuan terima kasih kepada PT. ITA dan Upika Merbau yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan penanaman sempena HUT Kabupaten Kepulauan Meranti ke 14 tahun ini.

“Kegiatan positif ini tentunya merupakan bukti komitmen kita bersama sebagai upaya menjaga kelestarian ekosistem mangrove dan mencegah terjadinya abrasi di sekitar bibir pantai wilayah Kecamatan Merbau khususnya untuk masa depan anak cucu kita mendatang. Terkhusus terima kasih kami aturkan kepada management PT. ITA yang telah konsisten dan peduli terhadap lingkungan kita selama ini, semoga kedepan sinergitas yang baik dapat terus berjalan sesuai harapan,” ungkap Kendi sapaan akrabnya sehari-hari.

Senada disampaikan Sekcam Merbau, Kamsiatun SHum MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah menggagas kegiatan penanaman sempena HUT Meranti ini. Ia berharap kedepan semua masyarakat dapat ikut andil dalam membantu menjaga ekosistem mangrove demi kelangsungan hidup dimasa yang akan datang.

“Mewakili Camat Merbau kami atas nama Pemerintah Kecamatan mengucapkan ribuan terima kasih kepada pihak PT. ITA, kelompok Konservasi Mangrove, organisasi dan semua pihak yang tetap peduli dengan lingkungan di Kecamatan Merbau. Mari sama-sama kita terus menjaga lingkungan dengan baik dan melalui kerjasama ini kedepan dapat terus melestarikan hutan mangrove guna menjaga ekosistem alam dalam penanganan abrasi khususnya di Kecamatan Merbau,” pungkas Sekcam Kamsiatun.

Manager CSR dan Land Matter, Amru Mahalli dalam kesempatan ini mengatakan, penanaman mangrove ini merupakan tangung jawab bersama, baik itu di bidang penanaman maupun perawatan, karena ini akan bermanfaat sampai ke anak cucu serta keturunan kita dari gasil kelestarian mangrove di Kecamatan Merbau.

“Selain mencegah terjadinya abrasi di pantai kita, dengan penanaman mangrove ini juga sebagai wujud kebutuhan karbon kita dimasa mendatang. Selain itu juga dapat menjaga dan meningkatkan perkembang biakan udang serta ikan, dengan harapan bisa meningkatkan hasil tangkapan nelayan kita. Sehingga kolaborasi dan kekompakan semua unsur di wilayah ini penting kita jaga secara gotong royong agar apa yang diharapkan dapat tercapai dengan baik kedepan,” ungkap Amru Mahalli.

Terlihat hadir dalam penanaman tersebut, dari pihak UPIKA Merbau dihadiri Sekcam Merbau, Kamsiatun SHum MM yang didampingi sejumlah staf kantor Camat Merbau lainnya, Ketua LAMR Kecamatan Merbau, Syafrudin SHum, Ketua KJUMS Kecamatan Merbau, Samaun SSos, Bhabinkamtibmas Polsek Merbau, BRIPTU Randa Maulana, Kepala KSOP Kelas II Wilker Teluk Belitung, Ijon Tanamal, pengurus Kelompok Mangrove Formula Desa Lukit, Ketua dan Pengurus HIPMAM (Himpunan Mahasiswa Kecamatan Merbau) – Pekanbaru, dan komponen lainnya.

Sementara itu dari pihak Perusahaan terlihat dihadiri Manager CSR dan Land Matter EMP, Amru Mahalli didampingi Koordinator Land Matter, Iman, perwakilan Group Bakrie Amanah, dan Field GPA Officer PT. ITA, Arip Hidayatuloh beserta staf.(Ali Sanip)

By Andi