Sun. Apr 14th, 2024

MERANTI, pesisirnasional.com- Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs. H. Said Hasyim bertindak sebagai Pembina upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 tahun 2019 dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Meranti. Upacara tersebut bertempat di Halaman Kantor Bupati Meranti, jalan Dorak Selatpanjang, Senin (28/10/2019) pagi.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kepulauan Meranti, H. Yulian Norwis, SE. MM, sejumlah Anggota DPRD Kepulauan Meranti, Danramil Selatpanjang, Mayor. Inf. Irwan, Danposal Selatpanjang, Lattda Laut Jerry Hendra, Asisten I Sekdakab Meranti, Syamsuddin, SH. MH dan jajaran Pejabat Eselon II Pemkab Meranti, Kabag Humas dan Protokol Meranti, Herry Saputra, SH, jajaran Pejabat Eselon III, PNS dan Non PNS, sejumlah organisasi dan Mahasiswa di Kepulauan Meranti lainnya.

Upacara diawali dengan pengibaran bendera yang dilanjutkan dengan pembacaan teks UUD 1945 dan Ikrar Pemuda 1928 oleh para Pemuda-Pemudi Meranti dengan berpakaian Adat Daerah, sebagai presentasi peserta kongres ketika itu Young Java, Slebes, Sumatera, Sulawesi, Aceh, Batak, Perhimpunan Pelajar Indonesia dan lainnya.

Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Meranti, Drs. H. Said Hasyim dalam kesempatan itu mengucapkan selamat kepada seluruh Pemuda khususnya di Kepulauan Meranti, Wabup menyadari bahwa nasip masa depan bangsa ini kedepan berada ditangan pemuda. Untuk itu ia mengajak kepada seluruh pemuda dan pemudi agar terus menggelorakan semangat juang pemuda terdahulu sehingga menjadi pelopor tauladan kebangkitan bangsa.

“Mari terus gelorakan semangat juang para pemuda pejuang bangsa terdahulu, jadilah tauladan dan pelopor kebangkitan bangsa,” ujarnya.

Selain itu juga, dengan banyaknya prestasi yang diraih oleh muda-mudi Meranti dibidang olah raga maupun bidang lainnya, menurut Wabup menandakan bahwa pemuda Kepulauan Meranti memiliki potensi yang besar dan tak kalah hebat dibandingkan dengan pemuda lainnya di kota-kota besar.

Selanjutnya Wakil Bupati Meranti membacakan teks pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainuddin Amali sempena Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019. Dikatakannya, peringatan Hari Sumpah Pemuda kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari parnografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dari terorisme juga masuk dengan mudahnya. Dengan demikian, apabila pemuda tidak dapat membendung atau memfilter ilmu pengetahuan dan karakter yang positif maka keutuhan dalam berbangsa dan bernegara akan goyah, tutur orang nomor dua di Kota Sagu itu.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Semoga semangat para pemuda dalam menatap dan ikut serta membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat martabat bangsa dan tanah air tercinta ini di kancah dunia,” tutup Wabup H. Said Hasyim.

Sekedar informasi, dalam kesempatan itu Wabup bersama Forkopimda juga berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada para pemuda berprestasi diantaranya kepada Peraih Medali Kejuaraan Sepak Takraw, Andri Ramadhan, Syaifuddin, Raja Febri, M. Nazaruddin. Selanjutnya untuk Kejuaraan Pencak Silat diberikan kepada M. Frianto, Siti Ardianti, M. Andri, Ade Rizwan, Rendi Kurniawan, Fajria, M. Rizki Prasetya, Elsi Suci, Dewi Purnama. Penghargaan juga diberikan kepada anggota Paskibraka Tingkat Provinsi dan lainnya.

Kegiatan diakhiri dengan menyaksikan kemeriahan penampilan performace dari para Atlit IPSI Meranti dan dengan penandatanganan Deklarasi Pemuda Kepulauan Meranti oleh Wakil Bupati, Drs. H. Said Hasyim diikuti oleh Forkopimda, Anggota DPRD Meranti, Perwakilan Ormas serta Parpol dan komponen lainnya.(Andi)

By redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *