BERBAGI

MERANTI (pesisirnasional.com)- Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil SH menyerahkan secara simbolis penyaluran beras cadangan Pemerintah Daerah untuk masyarakat yang terdampak Covid-19, khususnya kepada Gharim, Bilal, Imam Masjid dan para Guru Ngaji. Dengan demikian mulai hari ini beras bantuan seberat 10 Kg tersebut sudah mulai disalurkan melalui Camat dan Kades kepada penerima di wilayahnya masing-masing. Penyerahan kali ini mengambil tempat di halaman Kantor Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Anak Meranti, Ahad (25/4/2021) pagi.

Turut mendampingi Bupati, Asisten II Sekdakab Meranti, Drs Asroruddin, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Anak Meranti, Agusyanto SSos, Kasatpol PP Meranti, Helfandi SE MSi, Kepala Dinas Kesehatan, dr H Misri Hasanto MKes, Plt Kabag Kesra Meranti, Alfian, serta seluruh Camat se Kepulauan Meranti dan komponen lainnya.

Penyerahan bantuan beras cadangan Pemerintah Daerah secara simbolis diserahkan oleh Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil kepada para Camat se Kepulauan Meranti untuk didistribusikan kepada penerima di wilayahnya.

Jumlah keseluruhan beras cadangan Pemerintah Daerah yang tersedia saat ini sebanyak 100 Ton, jika tiap warga penerima manfaat dijatahi 10 Kg per KK, maka beras cadangan ini dapat membantu 10 ribu warga Meranti yang terdampak Covid-19.

“Jumlah beras cadangan Pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan bagi Rumah Tangga Miskin dan Rentan Miskin yang akan kita distribusikan berjumlah 100 Ton, selain untuk menjaga ketahan pangan beras ini juga berfungsi untuk meciptakan kestabilan harga dilapangan,” ucap Kadis Sosial Meranti, Agusyanto SSos.

Bantuan ini juga sesuai dengan Program Strategis Bupati Meranti untuk membantu warga kurang mampu yang ada di Kepulauan Meranti. Disinggungkannya, terkait data penerima PKH tahun ini sesuai yang terdapat dalam Aplikasi berjumlah 15.557 penerima, artinya jumlah penerima PKH di Meranti tahun ini sudah sesuai dengan yang ditargetkan Bupati Meranti, pungkasnya.

Menyikapi kegiatan tersebut, disambut baik oleh Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil SH. Menurutnya kegiatan ini sangat penting dan strategis untuk membantu masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19 di Kepulauan Meranti.

“Karena seperti yang kita ketahui, akibat Pandemi Covid-19 banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan, pendapatan berkurang begitu juga dengan daya beli masyarakat, dan disitu perlu kehadiran Pemerintah untuk membantu,” ujar Bupati H M Adil.

Adapun untuk saat ini bantuan beras cadangan Pemerintah Daerah difokuskan kepada para Guru Ngaji, Gharim, Bilal, serta warga yang memiliki anak yatim. Pemerintah Daerah menargetkan sebelum lebaran Idul Fitri nanti seluruh bantuan ini sudah sampai ke tangan penerima.

“Bantuan ini sebelum hari raya Idul Fitri sudah selesai disalurkan. Khusus untuk anak yatim kita sudah menganggarkan bantuan untuk 1000 orang,” beber orang nomor satu di Pemkab Meranti tersebut.

Dengan diserahkannya bantuan beras cadangan Pemerintah ini kepada para Gharim, Bilal, Imam Masjid dan Para pengasuk anah Yatim, Bupati H M Adil meminta semuanya dapat mendoakan Meranti agar cepat terbebas dari bencana Pandemi Covid-19, sehingga Meranti kedepan dapat menjadi negeri yang Maju, Cerdas dan Bermartabat seperti yang dicita-citakan, ungkapnya.(Andi)