BERBAGI

MERANTI (pesisirnasional.com)- Sebagai sarana lalu lintas masyarakat perdesaan dalam mendukung aktifitas sehari-hari tentunya dibutuhkan sarana jalan yang memadai dan layak dilewati, namun berbeda dirasakan pengguna jalan yang melintas di wilayah jalan poros dari Desa Lukit ke Kelurahan Teluk Belitung, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti karena kondisinya rusak parah dan memperihatinkan.

Jalan poros yang berstatuskan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau itu mengakibatkan terkendalanya pihak Pemerintah Desa setempat untuk melakukan perbaikan langsung, namun upaya pihak Desa mulai dari Lukit sampai Desa Sungai Anak Kamal telah mengajukan permohonan perbaikan kepada Pemprov Riau, sayangnya hingga saat ini belum juga dilakukan perbaikannya.

Hal ini dikeluhkan Kepala Desa (Kades) Sungai Tengah, Mohd Toyib MSi saat dikonfirmasi melalui sambungan Handphone selulernya mengatakan, memang kondisi jalan poros yang melewati beberapa desa seperti Lukit, Sungai Tengah, Tanjung Kulim, dan desa Sungai Anak Kamal sangat memperihatinkan. Dikarenakan status jalan tersebut milik Pemprov maka Pemdes tidak bisa menganggarkan untuk perbaikannya.

“Status jalan tersebut adalah milik Pemprov Riau, dan kami bersama Pemdes tetangga secara bersama-sama sudah mengupayakan perbaikan jalan itu dengan mengajukan permohonan ke Pemprov Riau yang ditanda tangani Camat Merbau dan Bupati Kepulauan Meranti tahun lalu, namun hingga saat ini belum ada informasi kapan diperbaikinya, dan kami pun tidak tahu pasti apa kendala Pemrov Riau terkait hal ini,” jelas Kades, Kamis (21/20/2021).

Menurutnya, kendala belum dilaksanakan perbaikan jalan itu kemungkinan besar karena adanya pengurangan anggaran Pemerintah ditengah Pandemi Covid-19. Selain itu tentunya Pemerintah Desa dan Kecamatan berharap perbaikan jalan poros Lukit – Teluk Belitung tersebut dapat segera diperbaiki oleh Pemprov Riau karena akses jalan ini sangat dibutuhkan masyarakat Pulau Padang guna mendukung peningkatan ekonomi warga kedepan.

“Mungkin terkendala akibat minimnya anggaran Pemerintah pada masa Pandemi Covid-19. Tentunya kami selaku masyarakat dan Pemerintah di wilayah ini sangat mengharapkan realisasi perbaikan jalan Poros ini secepatnya, karena jalan Poros tersebut merupakan urat nadi pertumbuhan ekonomi warga kami yang membutuhkan transfortasi jalan memadai dalam aktifitas sehari-hari, baik itu pedangan, Pemerintah, anak sekolah dan lainnya tentu butuh jalan yang layak. Semoga harapan ini dapat segera terwujud nantinya,” ungkap Kades M. Toyib berharap.(Andi)