Fri. Mar 1st, 2024

PesisirNasional.com – Sebanyak 625 narapidana di Lapas Kelas IIA Bontang, Kalimantan Timur, menerima suntikan pertama vaksin Covid-19, Selasa (21/9). Kegiatan itu dikawal 40 personel Polres Bontang dan Polsek Bontang Barat.

Sebelum disuntik vaksin, para napi harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh, skrining riwayat kesehatan. Usai penyuntikan, mereka juga mengikuti observasi pascavaksinasi.

Kapolres Bontang AKBP Hamam Wahyudi mengecek langsung proses vaksinasi. “Pogram vaksinasi TNI/Polri bagi para narapidana di Lapas ini merupakan kerja sama antara Polres Bontang dengan Lapas Kelas IIA Kota Bontang,” katanya.

Kegiatan vaksinasi melibatkan 6 vaksinator, yang terdiri dari 4 petugas dari Dinas Kesehatan Kota Bontang, dan dua dari klinik Polres Bontang. Mereka didukung 30 personel Dinas Kesehatan dan Polwan Polres Bontang.

Vaksinasi ratusan warga binaan di Lapas Bontang bertujuan sebagai percepatan program vaksinasi nasional guna membentuk kekebalan komunal (herd immunity). “Vaksin itu kan sebagai antisipasi untuk memperkuat antibodi. Paling tidak mereka punya daya tahan terhadap virus, serta untuk mewujudkan herd Immunity,” tutup Hamam. [yan]

Sumber: Merdeka

By redaksi