BERBAGI

MERANTI (pesisirnasional.com)- Sebanyak 99 orang siswa/siswi kelas Xll tahun ajaran 2021 – 2022 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Merbau dikembalikan kepada orang tua wali murid secara simbolis. Kegiatan kali ini dikemas oleh seluruh siswa/i dengan menggelar acara perpisahan dengan keluarga besar SMK Negeri 1 Merbau pada Sabtu (28/5/2022) siang.

Sekalipun Pandemi Covid-19 tergolong aman di “Meranti”, namun kegiatan perpisahan yang mengambil tempat di halaman SMK Negeri 1 Merbau tersebut tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dengan memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan, dan handsanitizer.

Terlihat selain Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Merbau, Drs Zamzuri MSi juga hadir seluruh majelis guru SMKN 1 Merbau, Ketua Komite SMKN 1 Merbau, Drs H Lukman MM, Tidak kalah pentingnya juga hadir seluruh wali murid kelas XII serta seluruh siswa/i SMK Negeri 1 Merbau, para undangan dan komponen lainnya.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Merbau, Drs Zamzuri MSi dalam sambutannya mengatakan, alhamdulillah pada hari yang berbahagia ini kita semua dapat menghadiri undangan dalam rangka perpisahan siswa/i kelas Xll sekaligus serah terima siswa/i yang akan meninggalkan sekolah ini, ucapnya

Hari ini, anak bapak ibu yang mengikuti proses belajar selama tiga tahun kami anggap selesai, katanya, dengan masa Coved-19 ini langkah kita terbatas, sebenarnya kita tidak ingin menyusahkan orang tua wali siswa/i mengingat kondisi ekonomi kita masing-masing, namun kegiatan perpisahan ini semata-mata hanya merupakan hajat atau niat dari anak-anak kita, tutur Zamzuri.

Lebih lanjut mantan kepala sekolah SMKN 1 Selatpanjang tersebut juga membeberkan, sebanyak 99 orang siswa/i yang kita anggap sudah selesai ujian akhir, dan sudah menempuh beberapa kali ujian, dari semester satu sampai Kelas XII, kemudian ditambah dengan nilai praktek Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK), ujian akhir sekolah dan berstandar nasional, dan ini sangat menentukan kelulusan bagi siswa/i itu sendiri.

Diakui Zamzuri, ujian yang kita laksanakan ini sudah selesai, ada tiga kejuruan yang menjadi prospek kedepan untuk mendapat pekerjaan terbaik. Karakter itu merupakan kejujuran yang baik, bangun pada diri anak anak karakter yang baik, tanamkan budi dan akhlaq supaya menjadi orang jujur. Saya juga berharap kepada anak-anak kelas dua belas, apabila tamat pendidikan di SMK ini nnatinya semoga dapat tetap melanjutkan pendidikan me Perguruan tinggi, dan dapat menambah setingkat agar pengetahuan serta tindakan kedepan lebih baik lagi.

Selanjutnya Kepsek Zamzuri juga menyampaikan bahwa kami dari pihak sekolah tetap selalu mendukung dan mendoakan agar anak didik kami mempunyai ilmu yang bermanfaat buat masyarakat dan bangsa ini serta dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi nantinya, ungkapnya.

Disela kesempatan itu, secara umum Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Merbau menyerahkan kembali anak didik kelas XII kepada orang tua wali yang hadir secara lisan.

Hasbullah, mewakili orang tua siswa/i kelas Xll dalam kesempatan itu mengatakan, kami dari seluruh orang tua mengucapkan terima kasih kepada seluruh majelis guru yang telah mendidik anak kami selama tiga tahun, dari awal anak kami yang tidak mempunyai ilmu, alhamdulillah pada hari ini anak kami dapat mengenyam ilmu pendidikan dengan baik di SMK Negeri 1 Merbau ini.

Senada dikatakan Ketua Komite SMKN 1 Merbau, Drs H Lukman MM. Disampaikannya, kami dari pihak komite mohon maaf yang sebesar-besarnya mungkin dalam aktifitas dan kelancaran kegiatan ini kami tidak bisa ikut andil, dan kami tetap mendukung program sekolah, selagi itu kegiatan positif. Kami juga mengapresiasi pihak sekolah, sekalipun kondisinya dalam keadaan pandemi Covid-19, namun itu semua tidak menjadi hambatan bagi sekolah dalam proses belajar mengajar sebagaimana yang membuahkan hasil terbaik, tutur mantan Kepala sekolah SMA Negeri 1 Merbau itu.

Kepada siswa, H Lukman mengingatkan, agar karakter yang ditanam oleh guru itu dapat dimanfaatkan dengan baik, sehingga bidang studi yang didapati dari sekolah ini, serta sikap jujur dan bekerja dengan baik dapat terus dipertahankan sehingga dapat mencapai kebahagian dunia akhirat, pungkasnya.

Terlihat dilapangan, kegiatan kali ini juga dimeriahkan dengan penampilan tari sekapur sirih, musik tradisional budaya Melayu Riau, juga turut ditampilkan tarian rekreasi dari siswa/i SMK Negeri 1 Merbau, yang nantinya juga akan ikut dalam pertandingan FLS2SN tingkat Provinsi Riau dimana insyaallah akan diberangkatkan besok dan dilombakan pada tanggal 29 Mei sampai 31 Mei 2022 mendatang.

Diakhir acara terlihat sejumlah siswa/i kelas Xll melaksanakan salam-salamnya dan sesi foto bersama dengan seluruh majelis guru SMK Negeri 1 Merbau.(Ali Sanip)