BERBAGI

MERANTI (pesisirnasional.com)- Sebagai wujud kepedulian warga sekitar Kelurahan Teluk Belitung, dan Unsur Pimpinan Kecamatan (UPIKA) Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti bekerjasama UPZ dan relawan turut berpartisipasi atas musibah kebakaran rumah Uji Yanto alias Syarif Dol, dalam waktu singkat kembali dibangun.

Terlaksananya bangunan rumah semi permanen yang berukuran 7 x 6 Meter itu berkat kerjasama dan kepedulian warga setempat dan UPIKA Kecamatan Merbau, didukung sumbangan UPZ, para relawan dan beserta perusahaan dan pengusaha yang sifatnya tidak mengikat.

Berawal, untuk membangun rumah tersebut ditopang dana dari UPZ “Merbau” Yang diakomodir Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Merbau, dan Kepala biro Wartawan Harian Pesisir nasional “Meranti” Yang didukung UPIKA Kecamatan Merbau, Ketua RT setempat, pihak perusahaan setempat, Ormas dan relawan dan komponen masyarakat tempatan.

Selama berlangsungnya pembangunan rumah tersebut, bantuan dari berbagai pihak dan relawan terus mengalir.

Seperti dikemukakan Ketua Lembaga Adat Melayu Riau ( LAMR) Kecamatan Merbau Syafruddin, S. Hum kepada awak media ini Jumat ( 2/6/2022) kemarin. Dikatakannya, terlaksananya membangun rumah ini awalnya berkat kordinasi bersama berbagai pihak, terutama UPZ, UPIK “Merbau”, para RT setempat, dan masyarakat setempat yang merasa terpanggil hatinya untuk peduli atas musibah kebakaran rumah tersebut, ucap Syafruddin lagi.

Diakuinya, selama proses pelaksanaan dimulai sejak selasa kemarin, terhitung empat hari sampai sekarang kondisi bangunan rumah ini diperkirakan hampir rampung, namun demikian kita masih tetap mengharapkan uluran sedekah dari manapun, karena masih ada material lebih yang perlu dilunasi, tutur mantan UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Merbau itu.

Menurut, Syafruddin ini semua dikerjakan atas swadaya masyarakat gotong royong, tanpa di bayar upah tukangnya, kita sangat mengucapakan Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung untuk membangun rumah warga kita yang musibah ini, kami rasa inilah merupakan wujud kepedulian kita yang perlu dibangun secara bersama, pungkas Syafruddin.

Senada dikatakan Ketua UPZ Kecamatan Merbau Maksum mengatakan, setiap ada musibah kami dari UPZ tetap peduli, dana yang kita sumbangkan berasal terkumpul dari zakat profesi dan lainnya, mudah mudahan apa kita sumbang ini dapat bermanfaat buat pemilik rumah ini, beberapa Maksum.

Sementara Camat Merbau Indat AMa,Pd menyambut baik atas kekompakan masyarakatnya dalam membangun sebuah rumah dalam waktu singkat, kita berharap agar rasa kekompakan dan solidaritas gotong royong seperti itu bisa seterusnya terbangun kembali sebagai mana kita harapkan bersama, pungkas mantan Lurah Teluk Belitung itu.(Ali Sanip)