Sat. Mar 2nd, 2024

# Catatan kecil pesisir Nasional.com

PESISIR NASIONAL.COM DUMAI  Banyaknya ketua-ketua rukun tetanga ( RT ) menjadi pendukung salah satu paslon pada pilkada dikota Dumai menjadi kunci suksesnya paslon dalam meraih suara pemilih.

Ketua-ketua rukun tetangga ( RT ) yang nota bennya adalah sebagai perpanjangan tangan pemerintah terkadang dimusim pilcaleg dan pilkada banyak dikunjungi para calon kandidat untuk bisa mendukung paslon.

Penomena ini bukan barang baru dalam dunia politik pilkada maupun pilcaleg, kerja-kerja dukungan ini dikerjakan secara terselubung dan bahkan nyaris tidak keliatan, memang tidak semua RT-RT  melakukan hal – hal seperti itu.

Berkaca pada kondisi rial politik, kekuatan RT-RT tidak bisa dianggap enteng ,alasannya mereka sangat tau karakter masyarajt wilayahnya,sehingga mereka mampu memobilisasi suara diwilayhnya.

Menilik kemampuan ini maka sangat disayangkan, karena mereka adalah bagian dari pemerintahan juga, bahkan mereka RT-RT ini menikmati subsidi dari uang negara melalui APBD.( Anggaran pendapatan belanja Daerah )

Banyak masyarakat berharap, jika RT-RT bersipat netral dan tidak ada keberpihakannya maka pemilihan kepemimpinan baik kepala daerah maupun pilcaleg akan lebih shoft  ( Red )

By redaksi