Mon. Apr 22nd, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Pemerintah Desa (Pemdes) Bagan Melibur, Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti taja pembekalan pendataan Sustainable Development Goals (SDGs), dimana makna SDGs dalam terjemahan bahasa merupakan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Kegiatan kali ini dilaksanakan di aula kantor Desa Bagan Melibur pada Rabu (31/03/2021) pagi.

Terlihat hadir Camat Merbau, Abdul Hamid SThI MM didampingi Satpol PP Kecamatan Merbau, Kepala Desa (Kades) Bagan Melibur, Isnadi Esman SPd beserta staf, narasumber dari Staf Bidang Pemdes Dinas PMD Meranti, Gunawan Hadra SIP, narasumber dari TA ID, Boyke Eka Putra, tim kelompok kerja relawan pendataan SDGs Desa Bagan Melibur yang terdiri dari sejumlah perangkat Desa, Ormas, dan komponen lainnya.

Kades Bagan Melibur, Isnadi Esman SPd dalam kesempatan tersebut mengatakan, pembekalan kepada Tim Pendataan SDGs ini sangat penting untuk memberikan pemahaman tentang tujuan pembangunan berkelanjutan di Desa, serta untuk memberikan bimbingan teknis dalam proses pendataan yang akan dilaksanakan oleh seluruh anggota tim pendata mulai dari RT, RW, Kepala Dusun, Karang Taruna dan yang lainnya.

“Dengan demikian, kita berharap kepada seluruh masyarakat Desa Bagan Melibur agar dapat memberikan dukungan terhadap pendataan ini dengan memberikan data yang valid nantinya kepada tim dilapangan, karena data yang terhimpun ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam menentu arah pembangunan Desa Bagan Melibur yang lebih terukur dan berorientasi pada peningkatan kesejahteraan serta peningkatan mutu sumber daya manusia kedepan lebih baik,” pungkas pria gagah berkacamata tersebut.

Senada disampaikan Camat Merbau, Abdul Hamid SThI MM saat dikonfirmasi media ini usai kegiatan mengatakan, sesuai dengan Perpres dalam SDGs ada belasan poin tujuan dari program pembangunan berkelanjutan itu, dimana secara teknis pendataan dilapangan sesuai yang sudah dibentuk oleh Pemerintah Desa masing-masing diminta untuk terus didampingi sehingga pendataannya dapat dilakukan secara maksimal.

“Tim yang dibentuk Pemdes terdiri dari perangkat Desa, RT maupun RW, sehingga kita minta kepada pihak Desa untuk terus mendampingi tim dilapangan agar pendataan yang mereka lakukan dapat benar-benar terlaksana dengan baik, tidak ada salah tulis dan lain sebagainya sesuai yang kita harapkan bersama,” harap mantan Camat Tasik Putri Puyu itu.

Orang nomor satu di Pemcam Merbau tersebut juga mengakui, bahwa program SDGs dari Pemerintah Pusat ini sangat sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti saat ini dibawah kepemimpinan Bupati, H Muhammad Adil dan Wabup H Asmar. Sehingga ini penting untuk terus digesa agar program Pemerintah dalam memudahkan dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat sesuai data akurat dapat terlaksana.

“Program ini sejalan dengan program Pemkab Meranti yakni ketuk pintu layani dengan hati. Oleh sebab itu Pemerintah Kecamatan Merbau berharap kepada seluruh Desa dapat berperan aktif menjalankan program SDGs ini agar kedepan pendataan warga kita seluruhnya dapat terakomodir secara baik dan akurat,” ucap Abdul Hamid.

Selain itu juga, kami berharap kepada seluruh tim SDGs Desa se Kecamatan Merbau dilapangan agar dapat tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam melakukan pendataan sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah ditengah Pandemi Covid-19 saat ini, ungkapnya.(Andi)

By Andi