BERBAGI

MERANTI (pesisirnasional.com)- Pendiri beserta pengawas dan pengurus Koperasi Jasa Usaha Mandiri Syariah (KJUMS) Kecamatan Merbau melaksanakan silaturrahmi dan diskusi bersama pihak Perusahaan yang menginisiasi awal terbentuknya Koperasi. Kegiatan kali ini mengambil tempat di ruang kantor KJUMS jalan Kamboja Kelurahan Teluk Belitung Kecamatan Merbau pada Sabtu (6/8/2022).

Gerakan positif yang dilakukan tersebut sebagai upaya membangun semangat kolaborasi dan menyatukan kekuatan seluruh pendiri, pengawas serta pengurus guna menciptakan KJUMS Kecamatan Merbau kedepan menjadi Koperasi percontohan dengan sistem administrasi yang lebih baik untuk membantu masyarakat banyak.

Ketua KJUMS Kecamatan Merbau, Samaun SSos dalam sambutannya mengatakan bahwa Koperasi ini berdiri dengan modal dari para pendiri yang kerjasama dengan EMP Mallaca Strait SA dimana sekarang sudah berubah menjadi PT. Imbang Tata Alam yang tetap komitmen memberikan inisiasi, pendampingan, pelatihan dan saat ini sudah bisa mandiri.

“Kita dari pengurus Koperasi siap berkolaborasi untuk membangun usaha Koperasi dalam berbagai bidang dan lembaga lainnya di Kepulauan Meranti. Meski sejak dua tahun terakhir dalam kondisi Pandemi Covid-19, kami para pengurus Koperasi masih terus semangat mengembangkan KJUMS hingga tetap berjalan baik, namun untuk memaksimalkan itu semua tentu perlu kebersamaan kita bersama kedepan melalui saran yang sifatnya membangun,” ungkap Samaun.

Senada disampaikan Field GPA Officer PT. Imbang Tata Alam, Arip Hidayatuloh. Dikatakannya forum silaturrahmi seperti ini bisa menjadi sarana untuk memperkuat kebersamaan dalam upaya membangun koperasi dan mengembangkan usaha Koperasi kedepan lebih baik.

“Dulunya mulai diinisiasi oleh Perusahaan, diberi pendampingi dan pelatihan, sampai saat ini sudah bisa mandiri sendiri merupakan hal yang cukup luar biasa, kekompakan seperti ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan kedepan sampai KJUMS Kecamatan Merbau bisa menjadi Koperasi percontohan di Kepulauan Meranti dengan sistem management dan administrasi yang baik,” pungkasnya.

Salah seorang pendiri KJUMS, Firmansyah Putra mengharapkan melalui wadah silaturrahmi ini dapat menjadi corong semangat bersama kedepan dalam menjadikan Koperasi ini sesuai yang diharapkan.

“Dengan berbagi pengalaman dalam pertemuan non formal seperti ini menurut kami sangat efektif dilakukan kedepan, disisi lain kami berharap para pendiri koperasi dapat terus memberikan pendampingan baik itu dari pihak PT. Imbang Tata Alam maupun pihak Pemkab Kepulauan Meranti melalui Anggota DPRD Meranti kita selaku pendiri, semoga kedepan menjadi berkah dan Koperasi semakin maju,” ungkap Firmansyah Putra berharap.

Terlihat hadir dalam silaturrahmi tersebut, sejumlah pendiri Koperasi sebagai tokoh masyarakat, Anggota DPRD Meranti, Fauzi SE MIKom, Ketua dan seluruh pengurus KJUMS Kecamatan Merbau, serta komponen lainnya. Menariknya pertemuan itu juga ditutup dengan sesi makan siang bersama.(Ali Sanip)