Sat. Jul 13th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti telah mempersiapkan alokasi dana sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus corona Covid-19 di Kabupaten termuda se Provinsi Riau ini. Wujud nyata kepedulian serta keseriusan Pemkab Meranti dalam mengantisipasi covid-19 ini dibuktikannya dengan alokasi dana tahap pertama sebesar Rp. 36 Milyar.

Hal ini dilakukan sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan RI, yakni Kemenkeu No. 6 Tahun 2020 Tentang Penyaluran DAK Fisik Bidang Kesehatan dan Dana BOK Kesehatan dalam rangka pencegahan atau penanganan Covid-19 dan petunjuk dari Menteri Dalam Negeri, Pemerintah Daerah Se-Indonesia diminta untuk memaksimalkan pemanfaatan dana DAK Fisik Bidang Kesehatan, serta dana Pembangunan Fisik selain pendidikan untuk penanggulangan Covid-19.

Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs. H. Irwan, M.Si melalui Sekdakab Meranti, Bambang Suprianto, SE.MM baru-baru ini menjelaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti sangat serius melindungi warganya dari penyebaran virus corona Covid-19. Agar hal itu dapat berjalan dengan baik Pemkab Meranti telah melakukan penganggaran sebesar Rp. 36 Milyar yang merupakan pergeseran anggaran tahap pertama dari dana Fisik DAK Kesehatan dan Pembangunan Infrastruktur, Bantuan Tidak Terduga, dan lainnya.

“Dimana dana tersebut akan digunakan untuk mengantisipasi dampak sosial, pembangunan ruang Isolasi, Ambulance Laut, pengadaan APD serta Insentif Tenaga Medis diwilayah kerja beresiko, Pengendalian Keamanan dan lainnya. Selain itu khusus untuk insentif tenaga medis Pemkab Meranti telah menganggarkan dana sebesar Rp. 2.7 Milyar”, beber Sekda.

Dibeberkannya, sejauh ini kita di Meranti telah menyiapkan tempat tidur sebanyak 46 bed untuk ruang isolasi Pasien PDP yang tersebar di Puskesmas sebanyak 20 Bed, BLK sebanyak 20 Bed dan RSUD Meranti sebanyak 6 Bed. Selanjutnya ketersediaan sembako, Stock Beras saat ini sebanyak 2.9 Ton dimana kebutuhan satu bulan sebanyak 1.4 Ton. Gula Pasir sebanyak 8 Ton, Minyak Makan 11 Ton, Daging Ayam 41 Ton, Daging Sapi 1.2 Ton, Bahan Bakar Premium sebanyak 755 KL, pungkas Sekda Bambang.

Menyikapi hal tersebut, Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, M. Syafii saat berbincang bersama pesisirnasional.com, Minggu (5/4/2020) mengatakan, sejauh ini kita sangat mengapresiasi langkah dan keseriusan Pemkab Meranti dalam mengantisipasi penyebaran virus corona khususnya di Kepulauan Meranti melalui alokasi dana yang akan disiapkan nantinya.

“Namun demikian yang paling penting kita berharap Pemkab Meranti bisa memanfaatkan alokasi dana tersebut dengan maksimal, jangan sampai ada masalah dalam realisasinya kedepan. Hal ini dimaksud agar memang alokasi dana untuk Meranti ini benar-benar tepat sasaran dan harus dirasakan langsung oleh masyarakat”, harap peria yang akrab di sapa sehari-hari Pii tersebut.

Politisi partai NasDem Meranti itu juga menuturkan, dampak sosial yang dirasakan oleh masyarakat itu juga paling penting agar mereka merasakan betul bahwa bantuan Pemkab itu ada dan nyata, bukan hanya dibibir saja. Oleh sebab itu sejauh ini kita akan terus kontrol kedepan alokasi dana tersebut betul-betul tepat sasaran dan bermanfaat banyak bagi kepentingan penangganan virus corona di Meranti ini, ungkapnya.(Andi)

By redaksi