Mon. Apr 22nd, 2024

PesisirNasional.com – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah menyarankan pemerintah menambah pasokan vaksin Covid-19 bagi pemerintah daerah. Tujuannya untuk mempercepat peningkatan cakupan vaksinasi guna mewujudkan kekebalan komunal terhadap Covid-19.

Ketua IDI Kabupaten Banjarnegara Agus Ujianto mengatakan, kesadaran masyarakat menjalani vaksinasi Covid-19 telah meningkat. Warga yang ingin menjalani vaksinasi semakin banyak.

“Jadi secara umum pemerintah harus menambah jumlah vaksin agar tercapai tujuan dari vaksinasi, yakni terwujudnya herd immunity (kekebalan komunal),” kata Agus yang juga menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit Islam Banjarnegara, Minggu (12/9). Seperti dilansir Antara.

Dia mengapresiasi para petugas kesehatan dan pemangku kepentingan terkait yang telah bekerja keras menyelenggarakan pelayanan vaksinasi Covid-19.

“Para stakeholder (pemangku kepentingan) termasuk di dalamnya Dinas Kesehatan, TNI/Polri, puskesmas, rumah sakit swasta, pelaku bisnis, dan pondok pesantren pun telah bekerja keras melakukan serbuan vaksinasi,” katanya.

Sementara itu, Fahreza (28), warga Banjarnegara yang ikut aktif menginformasikan dan memantau pelaksanaan vaksinasi massal, mengatakan bahwa dia sering melihat kekurangan stok vaksin dalam penyelenggaraan pelayanan vaksinasi Covid-19.

“Informasi vaksinasi selalu saya bagikan melalui medsos. Tetapi yang saya pantau masih sering kekurangan vaksin, padahal antusiasnya sangat tinggi,” katanya.

Sebelum mendapat suntikan vaksin, dia aktif mencari informasi mengenai pelaksanaan vaksinasi dan rela antre untuk menjalani vaksinasi Covid-19.

“Saya antusias mengikuti vaksinasi karena dari pengamatan ketika tetangga maupun teman-teman yang terkena Covid-19 itu belum mendapatkan vaksin, kondisinya berbeda sekali dengan yang sudah divaksin. Yang sudah vaksin gejalanya lebih ringan dibandingkan yang belum vaksin,” katanya. [noe]

Sumber: Merdeka

By redaksi