Sat. Jul 13th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Menjelang habis masa jabatannya, Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs H Irwan Nasir MSi meresmikan Gedung baru Puskesmas representataif di dua Kecamatan sekaligus, yakni Puskesmas Bandul Kecamatan Tasik Putri Puyu dan Puskesmas Teluk Belitung Kecamatan Merbau pada Selasa (09/02/2021) siang.

Peresmian yang dikemas meriah kali ini ditandai dengan penandatanganan prasasti gedung baru dan pemotongan pita sekaligus peninjauan ruangan gedung dan dilanjutkan pemotongan kue serta sesi foto bersama dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.

Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan Nasir MSi dalam sambutannya mengatakan, dengan telah dibangunnya Puskesmas yang megah di seluruh Kecamatan se Kepulauan Meranti juga dilengkapi dengan fasilitas dan penyediaan alat-alat kesehatan yang memadai diharapkan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dibidang kesehatan.

“Saya berharap pembangunan gedung ini juga disertai dengan penyediaan alat-alat kesehatan yang memadai tentu berpengaruh besar terhadap kepentingan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tidak kalah pentingnya lagi yang urgen menurut saya juga adalah bagaimana kita menyiapkan sumber daya manusia khususnya tenaga kesehatan yang berkualitas supaya bisa melakukan pelayanan yang baik kepada masyarakat di Kecamatan Tasik Putri Puyu maupun Kecamatan Merbau,” ucapnya.

Selain itu juga Bupati dua periode di Meranti tersebut juga mengharapkan Puskesmas yang megah ini bisa dinaikkan statusnya menjadi Rumah Sakit tipe Pratama sehingga masyarakat yang sakit tidak perlu lagi dirujuk ke Kabupaten yang sifatnya mendadak.

“Kalau bisa Puskesmas ini dan Puskesmas diseluruh Kecamatan bisa ditingkatkan menjadi rumah Sakit Pratama. Dengan begitu beberapa tenaga dokter spesialis bisa ditempatkan di Kecamatan dan kalau itu bisa kita lakukan Insyaallah masyarakat yang butuh pertolongan dengan cepat akan bisa lebih ditangani dengan baik. Contohnya pada saat ini ada ibu-ibu yang mau melahirkan secara sesar tidak harus menunggu dibawa ke Selatpanjang atau ke Bengkalis tetapi cukup di rumah sakit Pratama,” jelas H Irwan berharap.

Orang nomor satu di jajaran Pemkab Meranti itu menuturkan, untuk bangunan Puskesmas yang lama saya menganjurkan agar dijadikan sebagai mes tenaga kesehatan saja. Saya pikir itu usulan yang sangat baik karena nantinya para tenaga kesehatan ini tidak perlu menyewa dan bisa dikumpulkan dalam satu bangunan sehingga kalau ada kejadian-kejadian mendadak tidak susah masyarakat mencarinya, pungkas Bupati.

Terlihat hadir dalam peresmian Puskesmas Teluk Belitung tersebut, selain Bupati H Irwan juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Meranti, dr H Misri Hasanto MKes, Wakil Ketua DPRD Meranti, H Khalid Ali SH dan anggota, Fauzi SE, Kabag Humas Pemkab Meranti, Rudi SAg MH, Kepala Satpol PP Meranti, Helfandi SE MSi, Camat Merbau Abdul Hamid SThI MM beserta Anggota Satpol PP Merbau, Camat Tasik Putri Puyu, Sugiati SPI MSi, Kepala UPT Puskesmas Teluk Belitung, dr H Suhadi, Kepala UPT Puskesmas Pulau Merbau, dr Miftah Khudin, Kapolsek Merbau IPTU Sahrudin Pangaribuan SH, Danramil Merbau, seluruh Kepala Desa se Kecamatan Merbau, Upika Merbau, tokoh masyarakat, sejumlah Ormas dan komponen lainnya.(Ali Sanip)

By Andi