Mon. Apr 22nd, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti tidak lama lagi akan berlangsung, jelang hal tersebut Camat Merbau, Abdul Hamid SThI MM melakukan kunjungan silaturrahmi ke kantor Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Merbau yang beralamat di jalan Perusahaan Teluk Belitung, Rabu (12/8/2020) kemarin.

Kunjungan orang nomor satu di jajaran Pemcam Merbau itu disambut langsung Ketua Panwascam Merbau, Almizan SPdI, divisi SDM, data dan informasi, Yanto Iskandar, SSos serta anggota Panwascam lainnya. Dalam diskusi yang berlangsung penuh harmonis tersebut terlihat membicarakan berbagai hal penting dalam rangka bersinergi mengsukseskan pelaksanaan Pilkada Meranti pada Desember 2020 mendatang.

Ketua Panwascam Merbau, Almizan SPdI kepada media ini mengatakan, bahwa kunjungan Camat Merbau itu merupakan suatu kehormatan bagi kami, dimana dalam silaturrahmi kali ini kami berkesempatan diskusi membahas tentang aturan bagi ASN yang wajib menjaga netralitas dalam Pilkada.

Dijelaskannya, hal tersebut juga diperkuat sesuai yang tertuang dalam undang-undang nomor 5 tahun 2014 pasal 2 huruf F, pasal 3 huruf B dan Pasal 9 ayat (2) dan PP nomor 42 tahun 2014 pasal 1 angka 2 pasal 7 dan pasal 11 huruf C bahwa ASN harus netralitas dalam Pilkada.

Oleh sebab itu, kita menghimbau ASN yang terlibat dalam proses politik pemilihan kepala daerah tahun 2020 di Kabupaten Kepulauan Meranti harus memahami regulasi yang mengatur jika ingin terlibat politik praktis, pungkas Almizan.

Sementara itu, Camat Merbau, Abdul Hamid SThI MM saat dikonfirmasi media ini mengatakan, kunjungan dan silaturrahmi kita itu perlu dibangun guna memperkuat sinergitas antara stakeholder dan Panwascam Merbau dalam mengsukseskan Pilkada tahun 2020 di Kepulauan Meranti nanti.

Sinergitas ini perlu dibangun agar nantinya potensi-potensi pelanggaran dalam Pilkada khususnya bagi ASN dapat diatasi sedini mungkin. Tanpa kerjasama semua pihak tentunya pengawasan itu tidak dapat terlaksana dengan baik dan maksimal sebagaimana yang kita harapkan bersama, ucap mantan Camat Tasik Putri Puyu tersebut.

Orang nomor wahid di Pemcam Merbau itu juga menuturkan, dengan peran serta semua pihak dan partisipasi untuk bersinergi bersama tentu sangat mempengaruhi keberhasilan pengawasan jalannya Pilkada tahun 2020 di Kecamatan Merbau ini khususnya bisa terlaksana dengan baik.

Saya atas nama Pemerintah Kecamatan Merbau mengingatkan kepada seluruh ASN agar dapat tetap netral dalam helat Pilkada pada Desember 2020 mendatang. Jangan sampai sebagai ASN malah melanggar aturan dan ketentuan sebagaimana yang sudah ditetapkan, ungkapnya.(Andi)

By redaksi