Wed. Jul 24th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Ratusan warga yang terdampak musibah bencana alam akibat tingginya air pasang laut (Rob,red) beberapa pekan kemarin mendapat bantuan sembako dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau.

Terealisasinya bantuan kali ini berdasarkan usulan dan perjuangan wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Meranti, H Khalid Ali SE di tingkat Provinsi Riau. Dimana penyerahan bantuan diprioritaskan untuk warga pesisir pantai yang penyerahannya dilaksanakan di Aula Kantor Camat Merbau pada Ahad (2/1/2022).

Camat Merbau, Indat AMa Pd dalam sambutannya mengatakan, alhamdulillah hari dari hasil trobosan salah seorang Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kita bapak H Khalid Ali SE melalui Badan Penanggulanan Bencana Daerah Provinsi Riau, terbukti membuahkan hasil, dan ini patut kita apresiasi.

Diakuinya, salah satu dewan yang peduli terhadap masyarakat, dan daerah dapil yang mengusung dirinya yakni H Khalid Ali, ini patut kita syukuri. Kami atas nama pribadi dan pemerintah mengucapkan terima kasih atas perjuangan wakil Ketua DPRD Meranti terhadap daerah kita, ucap Indat Camat Merbau.

Menurut mantan Lurah Teluk Belitung tersebut, bapak H Khalid Ali banyak sumbangsih terhadap daerah kita, buktinya jalan kuala asam sekarang sudah terlihat akan dibangun, dan sejumlah Masjid sudah teralisasi pembangunannya. Kita berharap sinergitas DPRD Meranti danPemerintag bisa selalu bekerjasama dengan baik untuk membangun dan memajukan daerah kita kedepan.

Dijelaskan Indat, sebenarnya bantuan yang terealisasi hanya 80 KK buat warga yang terdampak banjir rob kemarin, katanya, di prioritaskan buat warga bagian pesisir pantai. Sehingga dari 80 paket sembako yang dibantu BPBD Provinsi Riau, setelah melihat kondisi di lapangan yang tidak terdata, maka kami dari pemerintah Kecamatan Merbau, bersama pak H Khalid Ali berkonsultasi dengan pihak BPBD Provinsi Riau menjadikan paket tersebut dibagi dua, sehingga hari ini terealisasi sebanyak 160 KK yang terdampak banjir pasang keling atau Rob kemarin, jelas Camat Merbau.

Menurutnya, bantuan logistik ini luar biasa, karena yang dapat bantuan ini hanya Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, ungkap Indat Camat Merbau seraya mengatakan, jangan dinilai besar kecilnya bantuan ini, mari kita syukuri apa adanya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti, H Khalid Ali SE dalam kesempatan itu mengatakan, untuk mendapat sembako ini sangat mendadak sekali dan tidak terduga, karena saat kita mengusul sudah hampir tutup buku, tapi alhamdulillah sekalipun demikian akhirnya usulan kita di cari solusi dan terealisasi.

Diakui Politisi PDI Perjuangan Meranti tersebut, alhamdulillah dari usulan yang kami ajukan lewat BPBD Provinsi Riau sebanyak 80 paket bisa dijadikan 160 paket, ini dilakukan setelah melihat kondisi di lapangan yang masih ada tidak terdata sehingga dilakukan kebijakan bersama, agar tidak terjadi iri hati dan lain sebagainya dikemudian hari, tutur Khalid Ali.

Dalam kesempatan itu juga, Khalid Ali sempat mengucapkan kekesalannya, dimana setelah sampai paket sembako di Kecamatan Merbau ini semuanya pada sibuk, saya sangat kesal dengan oknum perangkat Kelurahan ini, yang protes kenapa tidak melalui dia, kalau dia hebat kenapa tidak mengusulkan kemarin, kritik boleh asalkan bersifat membangun, jangan saling menyalahkan, mari kita sama-sama berbuat, ungkap Khalid Ali berharap.

Untuk diketahui, bantuan sembako kali ini berupa indomie, minyak goring, gula pasir, dan sardin yang disalurkan kepada sebanyak 160 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Merbau dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.(Ali Sanip).

By Andi