BERBAGI

MERANTI (pesisirnasional.com)- Sempena hari Sumpah Pemuda, PT. Energi Mega Persada Malacca Strait SA (EMP MSSA) bersama Konservasi Mangrove Sungai Merambai, KSOP dan Upika Kecamatan Merbau, melakukan penanaman mangrove di bibir pantai Kecamatan Merbau, tepatnya di salah satu lokasi sumur minyak EMP MSSA, Sumur MSJ yang dilaksanakan pada hari Jumat (29/10/2021) kemarin.

Tampak hadir Sekretaris Camat Merbau, Kamsiatun SHum, Aipda Dodi Novrian dari Polsek Merbau, Ijon Tanamal dari KSPO Wilker Teluk Belitung, serta sejumlah perangkat Desa Bagan Melibur dan pengurus Konservasi Mangrove Sungai Merambai. Pihak EMP diwakili Sr CSR Officer, Arip Hidayatullah.

Pengurus Konservasi Mangrove Sungai Merambai, Ijon Tanamal dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk untuk menjaga kelestarian hutan mangrove dan mencegah terjadinya abrasi pantai.

“Menjaga pantai dari abrasi dan ikut merawat hutan mangrove sudah menjadi kewajiban kita sebagai putra-putri daerah. Selain itu untuk mewujudkan Merbau sebagai daerah yang memiliki hutan mangrove yang lestari,” ungkap Ijon Tanamal.

Senada disampaikan Sekretaris Camat Merbau, Kamsiatun SHum dan Ketua BPD Desa Bagan Melibur, Syafrizal SE mengatakan, momen Sumpah Pemuda yang diambil sudah tepat untuk bersama-sama dalam menjaga kelestarian alam. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, khususnya kepada EMP Malacca Strait SA.

Sementara itu, Sr CSR Offincer EMP MSSA, Arip Hidayatullah mengingat bahwa abrasi yang terjadi di Merbau semakin parah sehingga perlu penangangan segera. Dikatakan, menanam mangrove sebenarnya cukup mudah tapi pemeliharaannya yang sedikit sulit sehingga dibutuhkan kerja sama untuk menjaga dan merawat mangrove yang telah ditanam tersebut.

“Cara menjaga dan merawat mangrove ini tidak seperti bertanam sayur yang perlu pupuk dan disiram. Yang perlu kita lakukan adalah dengan menyulamnya jika bibit mangrove yang ditanam itu mati. Apalagi lokasi pantai di Merbau ini berhadapan dengan Selat Malaka, sehingga untuk merawat mangrove agar bisa hidup dan tumbuh besar memerlukan strategis yang khusus pula,” kata Arip.

Atas nama Manajemen EMP Malacca Strait SA, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya kepada Tim Konservasi Mangrove Sungai Merambai yang telah berpartisipasi dan bersama-sama ikut melestarikan mangrove di Kecamatan Merbau.(Andi)