BERBAGI

MERANTI (pesisirnasional.com)- Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2020, pengurus Pondok Pasentren (Ponpes) Al-Qu’ran Subulussalam Kelurahan Teluk Belitung Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti melaksanakan Tasyakuran penobatan santri Tahfidz Al-Qur’an yang dilaksanakan di Ponpes Subulussalam jalan Rambutan Gang Sepakat RT 04 / RW 01 Teluk Belitung pada Kamis (22/10/2020).

Hadir dalam acara yang tetap mengedepankan protokol kesehatan itu, Sekretaris Camat (Sekcam) Merbau, Amuniruddin SE didampingi Kamsiatun SHum beserta sejumlah staf, Sekretaris Lurah (Seklur) Teluk Belitung, Hj Wan Jumiati SE, Ketua Ponpes Al-Qu’ran Subulussalam, Mohd Maksum SAg MA beserta pengurus, Kepala UPT Puskesmas Teluk Belitung, dr H Suhadi, sejumlah tokoh Agama, tokoh masyarakat, seluruh orang tua santri dan santriwati serta komponen lainnya.

Ketua Ponpes Al-Qu’ran Subulussalam, Mohd Maksum SAg MA dalam sambutannya mengatakan, pada hari ini tentunya kita bersyukur kepada Allah SWT dimana melalui musyawarah bersama wali santri serta dukungan para orang tua kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik sekaligus bertepatan momentum peringatan Hari Santri Nasional tahun 2020.

Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah ikut andil membantu terselenggaranya kegiatan kita hari ini, semoga ajang silaturrahmi kita mendapat ridho dan berkah dari Allah SWT, harap peria berprofesi pendidik di Kepulauan Meranti tersebut.

Lebih lanjut Maksum menjelaskan, peringatan Hari Santri Nasional ini diperingati juga oleh seluruh pondok pasentren yang ada di seluruh daerah Se Indonesia. Semua ini dilakukan sebagai wujud memperingati resolusi jihad KH Hasyim Asyari yang mulai ditetapkan oleh Presiden Jokowi pada tahun 2015 lalu sebagai Hari Santri Nasional.

Program pondok pasentren ini apa bila ada santri dan santriwati yang telah hafal satu Juz Al-Qur’an maka akan dilakukan penobatan santri tahfidz Al-Qur’an sebagai bentuk apresiasi dan memberi semangat kepada generasi kita dalam berlomba mendalami ilmu Agama sebagai pedoman hidup kedepan, beber Maksum.

Selain itu juga dalam memberikan pendidikan secara maksimal kami dari pengurus pondok pasentren terus berupaya memberikan yang terbaik bagi para santri disini. Secara bertahap saat ini Alhamdulillah sudah ada sebanyak empat orang santri kita yang telah menyelesaikan hafalan dengan disetor kepada guru, hal ini kami sampaikan sesuai kenyataan dan tidak direka-reka, tuturnya.

Kami berharap kedepan baik melalui Pemerintah maupun pihak swasta dan lainnya dapat juga mendukung Pondok Pesantren ini agar lebih maju serta berkembang disisi peningkatan sarana dan prasarana bagi pendidikan santri kita yang lebih berkualitas khususnya dalam mendukung kemajuan daerah Kelurahan Teluk Belitung Kecamatan Merbau dan Kabupaten Kepulauan Meranti kedepan pada umumnya, ungkap Mohd Maksum.

Camat Merbau, Abdul Hamid SThI MM yang diwakili Sekcamnya, Amuniruddin SE dalam arahannya mengatakan, kami atas nama Pemerintah mengucapkan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh pengurus Pondok Pesentren Subulussalam walaupun baru berdiri satu tahun namun pada hari ini sudah terbukti dapat melaksanakan pendidikan Agama dengan baik sekaligus memperingati Hari Santri Nasional tahun 2020.

Untuk itu, dengan apa yang kita saksikan hari ini mari terus saling mendukung Pondok Pesantren kedepan guna mencetak bibit Tahfizd Al-Qur’an dan mendidik generasi kita di Kecamatan Merbau yang memiliki pribadi Islam dengan kokoh sebagai calon pemimpin terbaik masa depan, pungkas Sekcam seraya menyampaikan permohonan maaf dari Camat Merbau yang belum berkesempatan hadir karena ada tugas lain.

Pantauan dilapangan terlihat sebanyak empat orang santri dan santriwati yang dinobatkan tahfizd Qur’an diuji secara terbuka oleh para Ustadz yang hadir dalam acara tersebut.

Menariknya lagi, kepada santri dan santriwati yang dinobatkan diberi piagam penghargaan serta mendapat penyematan tanda penghargaan oleh orang tuanya masing-masing. Tidak kalah pentingnya juga santri dan santriwati itu diberi selempang tanda wisuda Tahfizd Al-Qur’an 30 Juz Pondok Pesentren Subulussalam.(Ali Sanip)