Wed. Jul 24th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Hingga saat ini roda Pemerintah Desa (Pemdes) Baran Melintang, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti dinilai sudah kembali berjalan baik, yang mana program desa awalnya sempat terkendala namun seiring diangkatnya Plt Kepala Desa yang baru sudah banyak kemajuan. Buktinya mulai dari penyaluran BLT DD yang sudah setara dengan Desa lain se Kecamatan Pulau Merbau, realisasi sejumlah pembangunan jalan di lingkungan Desa, mendapat bantuan program pusat dari BNPB, dan lain sebagainya.

Prestasi ini mendapat apresiasi dari salah seorang Anggota DPRD Kepulauan Meranti yang merupakan putra daerah Desa Baran Melintang. Hal itu disampaikannya saat menghadiri kegiatan syukuran Pemdes Baran Melintang bersama masyarakat yang dilaksanakan di kantor Desa jalan Khatib Manap, Jum’at (29/10/2021) siang.

“Dulunya Desa Baran Melintang pernah menjadi juara 1 tingkat Provinsi Riau, tentunya semua itu diraih berkat kekompakan semua komponen masyarakat. Jadi saya minta kepada seluruh masyarakat Baran Melintang mari dukung program Pemdes agar nantinya kita bisa merasakan manfaat pembangunan di Desa ini. Saya ucapkan terima kasih kepada Plt Kades yang telah berusaha memperbaiki roda Pemerintahan Desa Baran Melintang ini sehingga sekarang berjalan lancar, semoga kedepan Desa ini akan lebih maju berkat doa dan kerjasama kita bersama,” ungkap Auzir, politisi PKB Meranti tersebut.

Plt Kepala Desa (Kades) Baran Melintang, Islawadi SIP MM dalam sambutannya mengatakan, syukuran ini dilaksanakan dalam rangka bersilaturrahmi sekaligus berdoa bersama agar Pemerintah dan masyarakat Desa Baran Melintang kedepan dijauhkan dari permasalahan-permasalah, di permudahkan segala urusan dan semua kegiatan dapat terlaksana dengan baik sesuai aturan yang berlaku.

“Syukuran yang kami lakukan adalah bentuk rasa syukur bersama atas segala permasalahan Pemdes selama ini yang alhamdulillah bisa selesai dan kembali berjalan normal sebagaimana mestinya. Desa kita sekarang sudah setara dengan desa lainnya. Alhamdulillah saat ini Desa kita juga akan menerima bantuan dari BNPB yaitu panen air hujan, ini program pusat yang disalurkan oleh BPBD. Kemudian kita sudah ikut mengutuskan 6 orang warga kita untuk mengikuti pembekalan dari BNPB di tingkat Kabupaten Meranti. Dalam waktu dekat juga akan ada pihak BPN turun ke Desa kita dalam program PTSL untuk penerbitan sertifikat rumah warga secara gratis,” beber pria yang akrab di sapa Ulung tersebut.

Untuk itu diharapkan semua masyarakat dapat mendukung semua program Pemdes kedepan dalam merealisasikan program kepentingan umum. Karena tanpa dukungan dan doa semua pihak semua program tersebut tidak akan berhasil dengan maksimal sebagaimana yang diharapkan bersama, ungkapnya.

Sementara itu, Camat Pulau Merbau yang diwakili Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Pulau Merbau, Manan menyampaikan terima kasih kepada Plt Kades dan perangkat desa yang telah menjalankan tugas dengan baik sehingga roda Pemdes Baran Melintang bisa kembali berjalan normal, dan diharapkan semua pihak dapat terus mendukung demi kepentingan bersama kedepan.

“Seperti yang kita ketahui Desa Baran Melintang ini adalah desa tua dan bukan Desa pemekaran, jadi kegiatan desa jangan sampai tertinggal lagi, mari semangat menjalankan tugas dan diharapkan semua elemen masyarakat dapat mendukungnya. Alhamdulillah Plt Kades yang Camat Pulau Merbau titipkan ini dinilai bisa menjalankan roda pemerintahan Desa Baran Melintang dengan baik, tentunya semua ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi dengan kerjasama kita semua perangkat Desa agar semua program kedepan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat Baran Melintang,” pungkas Manan.

Terlihat hadir dalam kegiatan itu, Anggota DPRD Kepulauan Meranti, Auzir, TKSK Pulau Merbau, Manan, Plt Kades Baran Melintang, Islawadi SIP MM beserta perangkat desa, tokoh masyarakat, tokoh Agama, Imam Masjid Al-Huda, tokoh pemuda, dan komponen lainnya.(Andi)

By Andi