Sun. Apr 14th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- SKK Migas dan PT Imbang Tata Alam (ITA) bersama Pemerintah Kecamatan Merbau, Pemerintah Desa Bagan Melibur dan masyarakat setempat melaksanakan penanaman 5.100 bibit mangrove di pantai yang berdekatan dengan lokasi sumur minyak MSJ-17 di Desa Bagan Melibur, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti. Penanaman juga dilakukan di kawasan Konservasi Mangrove Sungai Merambai, Kelurahan Teluk Belitung, Kecamatan Merbau, Jumat (4/11/2022).

Gerakan ini merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap pentingnya menjaga keseimbangan alam atau abrasi di daerah pantai, khususnya di wilayah pesisir. Abrasi adalah suatu proses pengikisan pantai yang diakibatkan oleh tenaga gelombang laut dan arus laut atau pasang surut arus laut yang bersifat merusak. Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipacu oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai tersebut, seperti penebangan tanaman mangrove untuk kepentingan bisnis.

Kepala Desa Bagan Melibur, Isnadi Esman SPd berharap kegiatan ini bisa memberikan dampak terhadap penangulangan abrasi pantai serta yang paling utama adalah memberikan motivasi dan semangat kepada semua pihak agar peduli terhadap lingkungan dan alam.

“Terima kasih kepada SKK Migas, PT ITA, Pemerintah Kecamatan Merbau, Danramil Merbau bersama Babinsa, Kapolsek Merbau bersama Bhabinkamtibmas serta rekan-rekan pengiat lingkungan yang hadir, baik dari Desa Bagan Melibur, Kelurahan Teluk Belitung serta Desa Lukit. Semoga kolaborasi ini bisa terus dijalankan untuk kemajuan Kecamatan Merbau ke depan,” ungkap Isnadi.

Camat Merbau melalui Sekcam Merbau, Kamsiatun SHum MM saat menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak atas gerakan tersebut. “Menjaga lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama untuk masa depan anak cucu kita nantinya. Mudah-mudahan kegiatan serupa dapat terus digalakkan,” katanya.

Di sela-sela kegiatan penanaman bibt mangrove juga dilakukan penyerahan bantuan sembako di wilayah MSJ-17 Dusun III Desa Bagan Melibur yang dilakukan oleh aparat desa setempat bersama manajemen PT Imbang Tata Alam.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Area Manager PT ITA Bonar Ari Nindito didampingi Foss Supt Adi Suseno dan Field Supt Ricky Okto serta Field GPA Officer Arip Hidayatuloh. Juga hadir perwakilan SKK Migas Sumbagut, Salsabila Ghaliska dan Maghfira Azuka, Kepala Desa Bagan Melibur Isnadi Esman SPd, Kadus III Desa Bagan Melibur Ismulyadi, penggiat mangrove Teluk Belitung, Zulfahren SIP, penggiat mangrove Lukit Rohaya, perwakilan Camat Merbau Isnaini, Danramil Merbau, Bhabinkamtibmas Polsek Merbau, Ketua KJUMS Kecamatan Merbau, Samaun SSos, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat lainnya.(Ali Sanip)

By Andi