Wed. Jul 24th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Banyaknya sampah yang menumpuk disekitar kota Teluk Belitung, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti membuat warga sekitar merasa resah.
Pasalnya, sampah yang sehari-,hari dari toko dan pasar yang seharusnya dibersihkan setiap harinya oleh pihak Dinas Kebersihan nampaknya kini sudah tidak terurus lagi.

Pantauan dilapangan sejak beberapa hari kebelakangan ini terlihat, sampah yang menumpuk ditempat yang disediakan sudah mulai dikerumuni ulat atau belatung. Ironisnya lagi sampah di tong sampah yang tersedia tersebut baik di depan toko maupun di wilayah pasar sayur dan paaar ikan Teluk Belitung juga sudah penuh.

Koordinator Lapangan (Korlap) Dinas kebersihan Kecamatan Merbau, Muslim saat dikonfirmasi, Ahad (4/7/2021) terkait hal tersebut mengatakan, pihaknya bukan tidak mengurus sampah itu, namun diakibatkan sarana transfortasi mereka sudah tua dan sering rusak.

“Memang kendala kami saat ini adalah karena kerusakan mobil transportasi untuk operasional mengangkat sampah itu sudah tua. Mobil itu selalu membuat ulah dan sering rusak pada bagian ban mobilnya,” terang Muslim.

Diakuinya, hal itu juga sudah dikoordinasi bersama Camat dan minta dibantu melalui pihak swasta, namun belum juga terealisasi. Pihaknya terus berupaya memperbaiki kerusakan tersebut.

“Kemarin saya sudah menyampaikan keluhan ini dan minta bantu sama pak Camat Merbau serta pihak perusahaan, namun belum ada informasi sampai hari ini. Sekarang ban mobil yang bocor, hari ini saya upayakan untuk diperbaiki pak. Sudah saya beli bannya, nanti akan kita kerahkan semua anggota untuk membersih kelapangan,” ungkapnya.

Sementara itu Camat Merbau, Abdul Hamid SThi MM saat dimintai tanggapannya terkait dengan tidak terurus sampah oleh Korlap Dinas Pasar tersebut dihari dan tanggal yang sama mengatakan, hal itu akan dikoordinasikan dengan atasan mereka di Kabupaten seperti apa sebenarnya. Mudah-mudahan segera ada jalan keluarnya.

“Hari ini saya sudah telephone atasan mereka, pak Hermansyah, tetapi belum diangkat. Diakui Camat, sebelumnya saya sudah mengingatkan kepada mereka (Korlap,red), namun alasan mereka kendala alat transportasi sarana mobilnya bocor, dah tua katanya. Tetapi biarlah kita kontak langsung atasannya apa betul kendalanya seperti itu, semoga nanti semua ini cepat teratasi,” pungkas Camat Merbau.(Ali Sanip)

By Andi