Fri. Mar 1st, 2024

PesisirNasional.com – Tim Brimob Polda Jabar dikerahkan di hari keempat pencarian Muhammad Gibran Arrasyid (14), pendaki yang dinyatakan hilang di Gunung Guntur. Namun proses pencariannya masih belum membuahkan hasil.

Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan bahwa di hari keempat pencarian satu kompi Brimob Polda Jabar diturunkan untuk terlibat dalam pencarian Gibran. “Kita tambah personel dengan bantuan dari Brimob dan relawan pendaki,” kata Wirdhanto, Kamis (23/9).

Dia menjelaskan, pencarian hari keempat tim SAR gabungan menyisir sejumlah lokasi. Teknisnya dengan metode penyisiran dari bawah ke atas. Setiap tim melakukan penyisiran dari pos ke pos.

Sementara itu, Kapolsek Tarogong Kaler Ipda Masrokan menyebut bahwa dalam penyisiran juga dilakukan pencarian di setiap lembahan yang ada di Gunung Guntur. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi Gibran jatuh ke lembahan tersebut.

“Namun di hari keempat ini pencarian belum membuahkan hasil. Gibran masih belum ditemukan. Kita akan lanjutkan pencarian besok,” ujar dia.

Sebelumnya, seorang remaja yang tengah mendaki Gunung Guntur di Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat dinyatakan hilang. Remaja tersebut diketahui hilang saat melakukan pendakian bersama belasan temannya.

Bhabinkamtibmas Desa Pasawahan, Polsek Tarogong Kaler resor Garut, Bripka Jajang Junaedi menyebut bahwa pendaki yang hilang tersebut diketahui bernama Muhammad Gibran Arrasyid (14).

“Pendaki ini diketahui warga Desa Citangtu, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, Jawa Barat,” Jajang, Senin (20/9).

Jajang menjelaskan bahwa awalnya Gibran diketahui mulai melakukan pendakian pada Sabtu (18/9) sekitar pukul 16.00 WIB, bersama teman-temannya. Saat itu, rombongan Gibran diketahui berjumlah 14 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 3 orang perempuan.

“Jadi Sabtu itu Gibran Bersama teman-temannya berangkat dari basecamp Umi Tati sekitar pukul 16.00 WIB. Ia Bersama rombongan sampai di pos 3 area camping di hari yang sama sekitar pukul 17.30 WIB,” kata dia.

Di area pos tiga, diungkapkan Jajang, Gibran Bersama teman-temannya sempat bermalam. Pada Minggu (19/9) sekitar pukul 04.00 WIB, teman-teman Gibran naik ke puncak Gunung Guntur. Untuk Gibran, memilih tidak ikut naik ke puncak dan memilih menunggu di dalam tenda area pos 3.

Sekitar pukul 08.00 WIB, 13 orang pendaki tersebut kembali ke pos 3. Namun rupanya saat mereka sampai di area tersebut Gibran tidak ditemukan di dalam tenda.

“Teman-teman Gibran sempat melakukan pencarian. Sampai sekitar pukul 17.00 WIB, posisi Gibran belum juga ditemukan sehingga langsung memilih melaporkan kejadian tersebut ke pos 1 di check point,” tandasnya. [gil]

Sumber: Merdeka

By redaksi