Mon. Feb 26th, 2024

Bersama Warga Di Kabupaten TangerangKabupaten Tangerang,9 November 2023

Tangerang (Pesisirnasional.com) Kegiatan pemanfaatan lahan tidur sebagai tanah garapan pertanian kini marak dilakukan masyarakat. Selain kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat secara ekonomi, pemanfaatan lahan tidur untuk lahan pertanian juga menunjang program pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan nasional.

Srikandi GPMN sebagai organisasi sayap Gema Perjuangan Maharani Nusantara (GPMN) turut berpartisipasi dalam kegiatan pemanfaatan lahan pertanian di Kampung Ilat, Desa Pangadegan, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis lalu (9/11).

Menurut Sekjen srikandi GPMN Munija, Kegiatan ini merupakan komitmen dari Srikandi GPMN untuk hadir berkegiatan secara produktif dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kegiatan pemanfaatan lahan tidur di Kampung Ilat ini sebenarnya sudah kami rencanakan dari bulan kemarin. Alhamdulillah niat itu dapat terlaksana hari ini. Kami bersama warga disini bertekad untuk memanfaatkan lahan tidur ini yang luasnya sekitar seribu meter persegi. Saat ini baru kita manfaatkan setengahnya dulu,” ujar Munija Sekjen Srikandi GPMN.

Kegiatan diawali dengan pemberian pupuk urea sebanyak 2 kwintal yang diserahkan secara simbolik oleh Munija Sekjen Srikandi GPMN kepada perwakilan warga Kampung Ilat.

“Sekitar lima ratus meter persegi tanah dari lahan tidur ini kami tanami jagung. Mudah-mudahan seluruh lahan ini bisa kami garap semuanya. Kami berencana menanam sayur-sayuran, cabe, juga pohon kelor. Tanaman pohon kelor banyak manfaatnya, bisa untuk keperluan obat-obatan atau untuk sayuran,” tambah Yana Ketua DPD Srikandi GPMN Kabupaten Tangerang.

Pada kesempatan yang sama Sekjen GPMN Denny Lihiang yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi inisiatif Srikandi GPMN Kabupaten Tangerang yang bersama warga Kampung Ilat memanfaatkan lahan tidur yang ada di lingkungan mereka.

“Tentunya ini langkah yang positif dan harus kita dukung. Inisiatif dan partisipasi aktif dari masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur sebagai tanah garapan pertanian harus didukung oleh semua pihak-pihak yang terkait. GPMN akan terus melakukan sinergi agar kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut,” pungkas Denny Lihiang.

Di sisi lain, Ketua Srikandi GPMN Yuniria Zendrato menegaskan soal komitmen Srikandi GPMN yang selalu hadir dengan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya kaum perempuan.

“Srikandi GPMN selalu memanfaatkan peluang-peluang agar kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya pemberdayaan kaum perempuan, dapat diwujudkan. Kami telah melakukan beberapa program kemasyarakatan lainnya dan akan terus berlanjut,” ujar Yuniria Zendrato.

Sementara itu, dihubungi melalui telepon selular, Ketua Umum GPMN Daddy Palgunadi mengaku selama 3 tahun lebih kehadiran GPMN, beberapa program pemberdayaan masyarakat sudah bisa dilaksanakan atau tersalurkan melalui organisasi yang sudah hadir di 28 Provinsi dan lebih dari 150 Kabupaten/Kota ini. Srikandi GPMN sebagai salah satu organisasi sayap hadir sebagai jembatan dari pelaksanaan program-program kemasyarakatan yang khususnya berkaitan dengan pemberdayaan kaum perempuan.

“Srikandi GPMN selalu hadir untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat, khususnya kaum perempuan. Organisasi sayap GPMN ini juga berkegiatan di wilayah Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Papua. Di bumi Papua sendiri, Srikandi GPMN telah terbentuk di beberapa Kabupaten/Kota seperti Merauke, Dogiyai, Paniai dan Nabire. Kami melihat adanya antusias ibu-ibu untuk berperan aktif dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. Karena antusias ini, Srikandi GPMN terbentuk,” terang Daddy Palgunadi.

Ditanya soal kontestasi Pemilihan Presiden(Pilpres) 2024, Daddy mengaku bahwa secara resmi GPMN beserta organisasi sayap menyatakan dukungan dan siap memenangkan pasangan Ganjar-Mahfud sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih. GPMN telah membentuk posko-posko pemenangan di sejumlah daerah dan aktif dalam program pemenangan Pilpres Ganjar – Mahfud 2024, seperti program canvassing yang menyapa warga di rumah mereka yang telah dilakukan di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Banten. Kegiatan ini akan terus dilanjutkan ke daerah – daerah lainnya.

“Program canvassing yang kami lakukan bersama tim dari Rumah Aspirasi Relawan Ganjar Pranowo telah berjalan di sejumlah daerah sejak September lalu. Kami akan terus aktif dalam program-program pemenangan Pilpres Ganjar – Mahfud. Dalam waktu dekat kami akan melakukan konsolidasi secara nasional di Rumah Induk GPMN yang berlokasi di Jalan Dharmawangsa VIII/24, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Ini menandakan keseriusan dan kebulatan tekad kami untuk memenangkan pasangan Ganjar – Mahfud,” tegas Daddy Palgunadi.

Pembina GPMN H. Dadang Mishal Yofthie, SH., MM. mempertegas pilihan politik GPMN dan organisasi sayapnya yang siap memenangkan pasangan Ganjar – Mahfud dalam Pilpres 2024. Menurutnya, pilihan politik itu sudah tepat, karena pasangan Ganjar – Mahfud diyakini sebagai solusi yang dapat mewujudkan bangsa ini ke kehidupan yang lebih baik. Pasangan ini merupakan putra-putra terbaik bangsa yang sudah dikenal kinerja dan prestasinya oleh masyarakat banyak.

“Kami yakin pasangan Ganjar – Mahfud yang dapat membawa bangsa ini untuk kehidupan yang lebih baik. Kita semua sudah tahu soal prestasi Pak Ganjar dalam membangun Jawa Tengah. Kita semua tahu konsistensi Pak Mahfud dalam ranah penegakkan hukum dan keberpihakannya terhadap rakyat kecil,” ujar Dadang Mishal Yofthie.

Dadang juga mengomentari soal pencalonan Gibran sebagai Cawapres yang dinilainya cacat hukum dan tidak mencerminkan etika politik yang baik.

“Keputusan Mahkamah Konstitusi yang berdampak pada pencalonan Gibran sebagai Cawapres Prabowo Subianto itu cacat hukum. Tindakan yang dilakukan tersebut tidak mencerminkan etika politik yang baik. Hal ini semakin meyakinkan kami untuk bertekad memenangkan pasangan Ganjar – Mahfud, karena pasangan ini memang layak untuk meneruskan kepemimpinan nasional selanjutnya,” tutup Dadang Mishal Yofthie.(Rls)

Tim Media Center GPMN

By redaksi