Sat. Jul 13th, 2024

PesisirNasional.com – Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polrestabes Bandung membuka layanan pengujian teori dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara daring. Artinya, masyarakat bisa menjalani tes itu di rumah.

Kanit Regident Satlantas Polrestabes Bandung AKP Vino Lestari mengatakan, aplikasi digital Korlantas Polri yang digunakan adalah Electronic Audio Visual Integrated System (e-AVIS).

Dengan aplikasi ini, masyarakat bisa memilih melaksanakan ujian teori untuk penerbitan SIM di fasilitas komputer yang tersedia di kantor polisi atau di tempat lain, termasuk di rumah.

“Untuk mengakses aplikasi, masyarakat tinggal menunggu launching Electronic Audio Visual Integrated System (e-AVIS),” kata Vino di Mapolrestabes Bandung, Jumat (24/9).

Setelah berhasil mengakses sistem, masyarakat yang mengajukan SIM harus mengisi data diri pribadi. Proses selanjutnya adalah mengerjakan soal tes teori yang ada dalam aplikasi.

Proses pengerjaan soal tes dipantau secara langsung melalui kamera yang terhubung oleh petugas secara langsung. Setelah dinyatakan lulus, mereka bisa melanjutkan proses uji praktik.

“Masyarakat harus tetap datang ke Satpas untuk langsung mengikuti ujian praktik lapangan di Satpas Polrestabes Bandung,” terang dia.

Ia berharap keberadaan layanan tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal. Selain memudahkan, tes daring ini pun bisa menekan potensi pungutan liar dari calo.

“Ini upaya kami membantu masyarakat ketika akan melakukan pembuatan SIM di masa pandemi,” pungkasnya. [yan]

Sumber: Merdeka

By redaksi