BERBAGI

MERANTI (pesisirnasional.com)- Saat ini sejumlah nama muncul sebagai kandidat calon Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau (IKA UNRI). Salah satunya Akademisi Riau, Dr Moris Adidi Yogia MSi.

Alumnus Administrasi Niaga Fisipol UNRI 96 ini mantap menyatakan siap maju sebagai calon Ketua IKA UNRI. Tekadnya untuk maju juga mendapatkan dukungan dari sejumlah alumni UNRI yang berdomisili di Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

Sebut saja, Anggota DPRD Kepulauan Meranti periode 2019-2024, Dr M Taufikurrohman MSi. Ia menyatakan dukungannya terhadap Dr Moris untuk maju dan memenangkan pemilihan Ketua IKA UNRI yang akan dilaksanakan 5 Juni mendatang.

“Dari kemampuan dan pengalaman yang dimiliki, saya yakin pak Moris mampu menahkodai IKA UNRI menjadi organisasi yang besar dan sebagai wadah untuk tumbuh dan berkembangnya kerativitas para alumni,” ucap mantan Wakil Ketua DPRD Meranti periode 2014-2019 ini.

Apalagi dengan berbagai disiplin ilmu dan profesi, diyakininya akan menjadi modal besar untuk berperan aktif dalam pembangunan di segala bidang.

“Oleh karena itu dibutuhkan sosok ketua seperti pak Moris,” ungkap Politisi Partai Gerindra yang menamatkan pendidikan S1 nya pada Pendidikan Biologi FKIP UNRI dan S2 nya pada Ilmu Politik Fisip UNRI tersebut.

Tidak sampai disitu, dukungan juga datang dari Anggota DPRD Meranti, Sopandi SSos. Ia menilai bahwa Dr Moris memang layak didukung menjadi Ketua IKA UNRI. Karena ia adalah sosok akademisi yang peduli tentang perkembangan kampus dan kemajuan daerah. Menurutnya, Ketua IKA UNRI membutuhkan sosok yang berpengalaman dibidang akademik. Dengan latar belakang dan profesinya saat ini, tentunya akan mampu menjawab hal itu.

“Bang Moris ni sangat cocok dan sangat layak menjadi Ketua IKA UNRI. Tentunya akan mampu memberikan masukan terbaik kepada kampus tercinta agar bisa lebih baik lagi, sehingga bisa bersaing dan UNRI menjadi kampus terbaik di Indonesia. Dengan menghimpun seluruh alumni dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi yang berbeda juga akan membantu memberikan masukan dan berkontribusi atas kemajuan daerah,” pungkas Sopandi, alumni ANI 97 ini.

Ditambahkan Sabarudin S Sos MSi, Kepala Bidang Pengembangan Usaha Ekonomi Desa (PUED) DPMD Kepulauan Meranti, dengan majunya Dr Moris Adidi Yogia menjadi kuda hitam dalam bursa pencalonan Ketua IKA UNRI nantinya. Karena selama ini hanya dari kalangan birokrat dan politisi saja.

“Kita siap mendukung beliau. Karena kita membutuhkan ketua yang benar-benar bisa membawa perubahan dan membawa peran besar dalam membantu memajukan kampus tercinta (UNRI). Termasuk dapat membantu mengakomodir aspirasi alumni lainnya yang notabene dari berbagai kalangan dan latar belakang profesi yang berbeda-beda. Bukan hanya untuk kepentingan politis saja,” tegas Alumni Sosiologi 1995 ini.

Sebelumnya, Dr Moris Adidi Yogia MSi sebelumnya menyatakan diri siap maju menjadi calon Ketua IKA UNRI. Ia mengatakan IKA sebagai wadah alumni harus mampu menjadi barometer institusi penaungnya yaitu Universitas Riau.

“Semakin berkembang alumni, maka rasa memiliki terhadap almamater akan semakin kuat,” katanya kepada sejumlah wartawan.

“Konsep pengembangan alumni harus mencakup kemampuan dari profil lulusan yang telah ditetapkan oleh program studi dan juga tercermin dalam kurikulum yang diajarkan oleh institusi. Sebagai contoh lulusan FKIP kan tidak hanya harus menjadi guru, tapi juga harus memiliki kemampuan tambahan yang membuat mereka bisa bersaing dalam iklim usaha global yang terjadi saat ini. Maka dari itu tugas IKA adalah memberikan alternatif tersebut kepada alumni yang dinaungi,” ungkapnya.(Andi)