Wed. Jul 24th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Sedikitnya ratusan siswa dan siswi SMP sederajat dari sejumlah Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Meranti mengikuti seleksi pendataan untuk menjadi calon atlet. Seleksi kali ini mengambil tempat di Stadion Bola Kaki Mahmud Jalal, Jalan Pramuka, Selatpanjang pada Kamis (8/4/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepulauan Meranti dengan menggandeng Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau. Dengan tujuan untuk mencari anak-anak Meranti yang memiliki bakat atau potensi menjadi atlet.

Dalam mensukseskan pendataan calon atlet tersebut, Disparpora Meranti mendapatkan support dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi, Riau, sehingga dengan kepedulian tersebut dapat meningkatkan pembinaan atlet di daerah.

Demikian disampaikan Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Riau, Ir Yul Akhyar MM yang ditemui di tempat seleksi. Ia memgharapkan kegiatan ini menjadi agenda rutin Kabupaten, karena hasil dari seleksi dapat dijadikan referensi bagi cabang olahraga yang ingin merekrut atlet di masa mendatang.

“Melalui seleksi yang kita lakukan secara bersama ini dapat membantu menemukan bakat dari anak-anak daerah untuk menjadi atlet. Sehingga nantinya bisa di inventarisir, dilatih, dan menjadi potensi yang akan membanggakan daerah ke depannya,” pungkas Yul Akhyar.

Senada disampaikan Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disparpora Meranti, Eko Priyono SE. Dikatakannya, bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melihat potensi siswa dan siswi yang berbakat kususnya dibidang olahraga. Disebutkannya juga, kegiatan ini menghadirkan tim tester atau penguji Prodi Olahraga UNRI, Agus Sulatyo.

“Dengan menerapkan sports science, data calon atlet dapat dilihat melalui hasil dari tahapan penilaian yang dilakukan. Sebagai contoh seorang siswa dapat diprediksi bisa menjadi seorang atlet renang, dengan rumus penilaian mulai dari tinggi badan, rentang tangan dan penilaian lainnya saat di lapangan. Data tersebut akan diberikan kepada pengurus cabang olahraga dengan tujuan memberikan kemudahan kepada para pelatih atlet suatu cabor dalam mencari siswa atau siswi berbakat dalam bidang olahraga sesuai dengan cabor mereka. Kegiatan ini bukan kegiatan untuk seleksi atlet menuju suatu even, akan tetapi seleksi calon atlet yang akan menduduki suatu cabor sesuai potensi yang dimilikinya,” beber Eko yang juga sebagai pelatih pencak silat tersebut.

“Insya Allah tahun depan, telah direncanakan kegiatan yang mengikutsertakan Dispora Riau untuk tingkat pelatih. Karena dengan meningkatkan ilmu pengetahuan atau wawasan para pelatih merupakan kunci dari keberhasilan dalam pembinaan seorang atlet. Semoga yang direncanakan ini dapat terealisasi sebagaimana yang diharapkan,” ungkap Kabid Olahraga Disparpora Meranti itu.

Kepala Disparpora Meranti, Rizki Hidayat SSTP MSi yang dikonfirmasi terpisah memberikan apresiasi kepada Dispora Riau yang telah berusaha mensupport kegiatan ini. Dengan kerjasama tersebut merupakan bukti rasa peduli Pemprov Riau kepada daerah dalam pembinaan dan pengembangan atlet.

“Tentunya kami ucapkan terima kasih kepada OPD terkait yang telah membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan ini. Karena dimasa pandemi ini, sangat rawan untuk dilaksanakan kegiatan. Akan tetapi, berkat dukungan yang diberikan dengan adanya rapid yang disubsidi, menjadikan rasa nyaman dalam pelaksanaan kegiatan. Mudah-mudahan kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya guna mencari bibit terbaik para atlit di Kepulauan Meranti,” ungkapnya.

Terlihat dilapangan pelaksanaan kegiatan tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat, dimana seluruh peserta diwajibkan melakukan rapid test sebelum dimulainya kegiatan, mencuci tangan dan menggunakan masker, sehingga bisa tetap terlaksana dimasa pandemi Covid-19. Pelaksanaan kegiatan dibagi 2 sesi. Hal ini bertujuan agar para peserta tidak terlalu banyak dalam 1 sesi kegiatan sesuai protokol kesehatan.(Andi)

By Andi