BERBAGI

MERANTI (pesisirnasional.com)- Warga lingkungan jalan Rambutan RT 01 RW 02 Kelurahan Teluk Belitung, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti gelar kenduri bersama di Musholla Nurul Falah. Kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan warga sekitar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Jum’at (09/04/2021).

Menariknya kenduri seperti itu dilakukan sejak tahun 1978 hingga sekarang terus berjalan dan sudah menjadi tradisi masyarakat wilayah jalan Rambutan, dimana kegiatan itu sebagai bentuk kebersamaan warga yang belum berkesempatan melaksanakan kenduri dirumah masing-masing sehingga bisa melaksanakan secara bersama melalui kegiatan kenduri di Musholla tersebut.

Demikian disampaikan Ketua RT 01 jalan Rambutan, Wan Bustamam kepada media ini. Dikatakannya, kegiatan ini terus dilaksanakan setiap tahunnya apabila masuk bulan suci Ramadhan.

“Kenduri ini merupakan tradisi yang sebelumnya biasa dilakukan oleh orang tua kita terdahulu, dan melalui kenduri bersama ini juga dapat meningkatkan hubungan silaturrahmi, sekaligus saling bermaafan sebelum menunaikan ibadah puasa,” pungkas peria yang akrab disapa Utih Tamam itu.

Senada disampaikan Ketua Pengurus Mushalla Nurul Falah, Khairuddin MT. Ia menuturkan, kegiatan kenduri di Mushalla ini dilakukan sejak tahun 1978, pada zaman orang tua kami dulu sudah menjadi kebiasaan bagi warga lingkungan di adakan saat menyambut bulan suci Ramadhan.

“Alhamdulillah tradisi kenduri bersama ini sudah berjalan 43 tahun mulai dibangunnya Musholla ini sampai sekarang terus terlaksanakan. Semoga kegiatan serupa dapat terus berjalan kedepan oleh generasi lingkungan jalan Rambutan sehingga ukhwah islamiah dan nilai silaturrahmi dapat terus terjaga dengan baik nantinya,” harap ustadz Khairuddin.

Tidak lupa pria yang akrab disapa Ucu Udin tersebut mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang ikut bersedekah sehingga kegiatan kenduri bersama dapat terlaksana dengan baik. Disamping itu juga ucapan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu renovasi Musholla Nurul Falah ini.

“Terima kasih kepada seluruh warga yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan kenduri bersama ini, selain itu juga kami atas nama pengurus Musholla mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyumbangkan tenaga, fikiran dan materi dalam membantu terlaksananya renovasi bangunan Musholla ini, semoga kebaikan bapak ibu semua dibalas oleh Allah SWT dengan balasan yang terbaik,” ungkap ustadz Khairuddin.

Terlihat dalam kegiatan kenduri tersebut dilaksanakan makan bersama serta dilanjutkan pembacaan surat yasin dan doa bersama.(Ali Sanip)