Wed. Jul 24th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Sebagai wujud kepedulian pihak perusahaan untuk masyarakat wilayah operasionalnya, PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) melalui anggaran CD dalam program Kesehatan menyalurkan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa susu dan biscuits dalam rangka mendukung pemulihan stunting untuk sebanyak 20 Desa di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Merbau dan Kecamatan Tasik Putri Puyu Kabupaten Kepulauan Meranti.

Penyerahan bantuan kali ini dilaksanakan secara simbolis dari pihak PT. RAPP kepada Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim disela rapat pembahasan hasil review monitoring pelaksanaan Konvergensi Intervensi Stunting Terintegrasi yang dilaksanakan diruang Rapat Bappeda Meranti, Selasa (28/7/2020).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wabup Meranti didampingi Kepala Bappeda Meranti, H. Azza Fahroni, Fungsional Perencana Bidang Kesehatan Bappeda Provinsi Riau, Siti Rahmawati dan rombongan, Kepala Dinas Kesehatan Meranti, dr. H. Misri Hasanto, Kepala LHK Meranti, Drs. H. Irmansyah, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Meranti, M. Arif, Sekretaris Dinas PMD Meranti, H. Edi M Nur, Sekretaris Disdukcapil Meranti, Ramdan, Sekretaris Dinas Penanaman Modal Meranti, Febriady serta sejumlah Kabid Perwakilan Dinas Se Kabupaten Meranti.

Selain itu juga, dari perwakilan PT. RAPP dihadiri CD Coordinator Region Kabupaten Siak dan Kepulauan Meranti, Mahmud Hasyim didampingi Coordinator Program PT. RAPP, Novyan Jaya beserta stafnya.

Berdasarkan informasi saat ini jumlah anak penderita Stunting di Kepulauan Meranti sebanyak 1.900 orang atau sekitar 12 persen dari total Balita se-Kabupaten Meranti. Meski secara angka tergolong cukup besar namun jumlah Balita penderita Stunting di Meranti masih dibawah rata-rata nasional yang mencapai 30.8 persen.

CD Coordinator Region Kabupaten Siak dan Kepulauan Meranti, Mahmud Hasyim saat dikonfirmasi media ini usai pertemuan tersebut mengatakan, bantuan ini merupakan alokasi program CD RAPP bidang kesehatan, dimana sampai saat ini bantuan dalam rangka pemberian makanan tambahan sudah disalurkan kepada seluruh Desa se Kecamatan Merbau dan dalam waktu dekat ini akan dilanjutkan untuk bantuan Posyandu di seluruh Desa se Kecamatan Tasik Putri Puyu.

Dimana dua Kecamatan itu merupakan wilayah operasional RAPP dan menjadi perhatian kita dalam membantu masyarakat. Sehingga total penyaluran bantuan tersebut kita salurkan sebanyak 20 Desa se Kepulauan Meranti, beber Mahmud yang saat itu didampingi Coordinator Program PT. RAPP, Novyan Jaya.

Diakui Mahmud, sejauh ini memang PT. RAPP terus komit dalam membantu pemulihan stunting di Kepulauan Meranti dengan cara menyalurkan bantuan makanan tambahan untuk sebanyak 51 Posyandu di seluruh Desa se Kecamatan Merbau dan Kecamatan Tasik Putri Puyu. Selain itu juga, dari tahun lalu hingga tahun ini kita juga sudah menjalankan program Kesehatan lainnya baik itu berupa pelatihan, bantuan alat kesehatan maupun bantuan lainnya di seluruh Posyandu Desa se Pulau Padang, ini.

Mudah-mudahan dengan bantuan dari RAPP ini bisa membantu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam memperkecil angka stunting yang terjadi kedepan. Tentunya hal ini sudah menjadi tanggung jawab kita bersama dalam membantu kepentingan masyarakat khususnya perusahaan RAPP diwilayah operasional Kepulauan Meranti ini, pungkasnya.

Menanggapi program tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs. H. Said Hasyim mengatakan, atas nama Pemerintah Kepulauan Meranti mengucapkan terima kasih kepada pihak Perusahaan RAPP yang ikut berperan aktif membantu Pemkab khususnya dalam upaya pemulihan stunting di Kabupaten Meranti.

Orang nomor dua di kota sagu itu juga menilai, sejauh ini kita melihat sejak tahun 2019 sampai tahun 2020 ini PT RAPP memang rutin memberikan bantuan penuntasan masalah stunting di 2 Kecamatan se Kepulauan Meranti yang merupakan wilayah operasional mereka.

Kita menginginkan bantuan serupa maupun program lainnya dari pihak Perusahaan ini bisa direalisasikan untuk Kecamatan lain di Kepulauan Meranti. Selain itu juga bantuan selanjutnya diharapkan dapat terus digenjot realisasinya sehingga betul-betul bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Kepulauan Meranti kedepan, ungkap Wabup H. Said Hasyim berharap.(Andi)

By redaksi