BERBAGI

MERANTI (pesisirnasional.com)- Sejumlah pengurus yang tergabung dalam Forum Konservasi dan Pembibitan Mangrove Sungai Merambai melaksanakan Gotong Royong (Goro) membersihan pantai disekitar tempat pembibitan. Pembersihan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian kebersihan lingkungan dalam melestarikan habitat pesisir pantai, Ahad (20/09/2020).

Ketua Forum Konservasi dan Pembibitan Mangrove Sungai Merambai, Zulfahren SIP kepada media ini mengatakan, gotong royong pada hari ini kita lakukan bersama sebagai bentuk kepedulian dan kelestarian lingkungan serta habitat pesisir pantai. Dimana ini penting dilakukan guna menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan habitat di lingkungan ini juga bisa tumbuh dengan subur sebagaimana diharapkan bersama.

Selain itu juga melalui pelaksanaan gotong royong ini konservasi dan pembibitan mangrove diharapkan kelestarian lingkungan akan terus bisa lestari secara berkelanjutan demi kepentingan generasi kita yang akan datang, harap pria yang akrab disapa Eren tersebut.

Eren yang juga sebagai Ketua Organisasi Gagak Hitam Kecamatan Merbau itu membeberkan, dalam perencanaan kegiatan kami selama ini tidak terlepas juga dukungan dari Pemerintah Kecamatan Merbau serta suport darai Perusahaan Migas EMP Malacca Strait SA dan masyarakat yang telah menjadi donatur guna mengsukseskan tujuan bersama ini, sehingga kami sudah menyiapkan sebanyak 1.000 bibit Mangrove dengan spesies atau jenis mangrove yang berbeda-beda.

Oleh sebab itu kita berharap kedepannya bisa terus mendapatkan bantuan partisipasi dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat Kecamatan Merbau agar kelestarian lingkungan serta pertumbuhan ekonomi melalui konservasi dan pembibitan mangrove ini dapat terwujud sebagaimana yang menjadi harapan bersama, ucap mantan Ketua Pemuda Kelurahan Teluk Belitung itu berharap.

Dijelaskannya, kami mempunyai perencanaan kedepannya akan menjadikan wilayah pesisir pantai ini sebagai objek wisata Mangrove pertama yang ada di Kecamatan Merbau, sehingga melalui wisata ini nantinya dapat membantu meningkatkan perekonomi masyarakat sekitar di kawasan konservasi Mangrove ini lebih baik lagi dan paling tidak di Kelurahan Teluk Belitung Kecamatan Merbau ada juga objek wisata yang bisa dikunjungi oleh orang banyak baik didalam Kecamatan maupun di luar Kecamatan Merbau ini kedepan.

Dalam kesempatan ini juga saya mengajak seluruh masyarakat untuk saling bahu membahu serta bersinergi dalam rangka ikut serta peduli terhadap lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarang khususnya di pesisir pantai ini dan terus mendukung program kami secara maksimal demi kepentingan bersama dan membantu Pemerintah dalam peningakatan ekonomi masyarakat secara bertahap, ungkapnya.(Andi)