Sun. Apr 14th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Sebagai upaya mengungkapkan potensi Minyak dan Gas Bumi (Migas) di Riau khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti, PT Gelombang Seismic Indonesia melaksanakan kegiatan Test Seismic Migas yang dilaksanakan di Desa Kundur, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti pada Kamis (18/02/2021).

Dalam kegiatan kali ini hadir mewakili Bupati Meranti, Asisten I Sekdakab Meranti, Syamsuddin SH MH, Asisten II Meranti, H Asroruddin, Manager Energi Mega Persada (EMP) Wilayah Riau, Perwakilan Polres Meranti, Perwakilan Koramil Selatpanjang, Kapolsek Tebing Tinggi Barat, IPTU AGD Simamora SH MH, Kapolsek Tebing Tinggi, IPTU Aguslan SH, Kabag Hukum Sekdakab Meranti, Sudandri SH, Kabag Ekonomi H Abu Hanifah, perwakilan Dinas Perindag Meranti, Camat Tebing Tinggi Barat, H Said Jamhur, sejumlah Kades se Kecamatan Tebing Tinggi Barat, dan komponen lainnya.

Asisten I Sekdakab Meranti, Syamsuddin SH MH dalam sambutannya mengucapkan apresiasi atas dilaksanakannya kegiatan Parameter Test Seismic Migas ini, ia berharap melalui kegiatan Tes Gelombang Seismic ini dapat mengungkap seberapa besar potensi Migas di Kepulauan Meranti yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk menambah PAD guna peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Jika nantinya ditemukan sumber-sumber Migas baru di Kepulauan Meranti khususnya di Kecamatan Tebing Tinggi Barat ini tentunya akan menyerap tenaga kerja yang banyak, dan itu akan membantu upaya Pemkab Meranti dalam menekan angka pengangguran yang terus meningkat akibat dampak dari Pandemi Covid-19 selama ini,” terangnya.

Diharapkan kedepan agar kegiatan eksplorasi Migas tersebut berjalan lancar dengan kerjasama dan dukungan dari semua pihak khususnya para Kepala Desa, untuk itu Syamsuddin berharap dukungan penuh dari para Kepala Desa dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat tempatan terkait manfaat proyek Migas ini untuk sama-sama mendukung.

“Kita berharap nantinya pihak EMP Malaca Strait juga dapat melibatkan putra-putri Meranti khususnya masyarakat yang berada diwilayah operasinal untuk bekerja di Perusahaan Migas ini. Selain itu kita harapkan seluruh Kades dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mendukung kegiatan tahap awal eksplorasi Migas ini sehingga berjalan dengan aman dan lancar. Namun jika memang ada sesuatu yang kurang paham dapat menghubungi langsung pihak perusahaan,” harapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, hasil survei dan Test Gelombang Seismic Potensi Migas Meranti ini diharapkan dapat hasil yang positif, sehingga mampu mendukung perkembangan dan pembangunan Meranti kedepan. Karena segala upaya yang kita lakukan ini tak lain adalah untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat nantinya, pungkas Syamsuddin.

Untuk informasi, dalam kegiatan tersebut Asisten I Sekdakab Meranti, Syamsuddin berkesempatan untuk melakukan penembakan pertama Parameter Test dengan menggunakan aplikasi komputer yang terhubung dengan alat Test Seismic dengan disaksikan pihak Perusahaan dan seluruh komponen masyarakat yang hadir.(Andi)

By Andi