Fri. Jun 14th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Sebuah program yang selama ini dinantikan oleh seluruh masyarakat Desa Bagan Melibur Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti untuk memiliki sumber air bersih yang layak serta dialiri ke rumah-rumah masyarakat tempatan nampaknya sudah terwujud melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Buktinya, Pemerintah Desa Bagan Melibur bersama tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) air minum Provinsi Riau, tim Regional Oversight Management Services (Roms) 4 Provinsi Riau, tim Pamsimas Kabupaten Kepulauan Meranti dibantu PT. Energi Mega Persada (EMP) Malacca Strait SA melaksanakan uji fungsi sarana program Pamsimas yang mengambil tempat di depan bangunan Pamsimas jalan Bambu Kuning Kampung Jawa Desa Bagan Melibur, Selasa (15/12/2020) siang.

Kepala Desa Bagan Melibur, Isnadi Esman SPd dalam sambutannya menyampaikan, Desa Bagan Melibur secara geografisnya 20 persen merupakan daerah pesisir yang berada disepanjang aliran sungai dan laut, sehingga tentu diperlukan sumber air bersih yang layak bagi masyarakat, melalui program Pamsimas ini diharapkan dapat bermanfaat bagi kebutuhan air bersih di Bagan Melibur.

Kita mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan tim Pamsimas Kabupaten Kepulauan Meranti yang memberikan peluang program Pamsimas ini dan telah memberikan solusi terhadap kebutuhan air bersih di Desa Bagan Melibur. Diakuinya, dalam proses pembangunan Pamsimas ini kita dibantu pihak PT EMP Malacca Strait SA yang sumber air dinilai cukup bagus sejak tahun 1983 lalu diwilayah Perusahaan dan sekarang kita proses pengelolaannya secara maksimal oleh Pamsimas.

“Saya mewakili seluruh masyarakat Desa Bagan Melibur dan aparatur Pemerintah Desa memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pihak PT EMP karena telah banyak membantu desa kita khususnya Pamsimas ini mulai dari sumber airnya, listrik sampai teknis pekerjaan selama ini”, ucap peria gagah berkacamata tersebut.

Orang nomor satu di Pemdes Bagan Melibur itu juga menuturkan, kunci terlaksananya pembangunan dan selesainya Pamsimas ini adalah tingginya nilai gotong royong. Tanpa ada peran serta masyarakat khususnya di Dusun III dan pihak Perusahaan maka hal ini tidak akan terwujud, setidaknya kita sudah bisa melihat hasil kerjasama selama ini.

“Saya yakin dan percaya tanpa bantuan dan sinergitas antara tim Pamsimas, Pihak Perusahaan EMP dan masyarakat tentunya tidak akan terwujud sehingga program Pamsimas ini bisa selesai secara maksimal memberikan solusi dan bermanfaat bagi kebutuhan air bersih masyarakat Desa Bagan Melibur”, ungkap Kades Isnadi.

Field GPA Officer/Assistance EMP, Arip Hidayatuloh dalam sambutannya menyampaikan, kalau kita bicara air adalah merupakan sebuah keberkahan yang dinilai menjadi potensi untuk dikelola melalui program Pamsimas oleh Negara berklaborasi dengan EMP, tidak ada yang bisa membangun suatu daerah tanpa melalui sebuah kerjasama yang baik, semoga air ini bisa bermanfaat dan berkah bagi kepentingan masyarakat banyak.

“Kami terus memberikan kontribusi yang terbaik terhadap kepentingan masyarakat banyak di wilayah operasional PT EMP. Dengan kerjasama dan semangat gotong royong selama ini mampu menghasilkan yang terbaik bagi kebutuhan masyarakat, bak pepatah mengatakan elok kerja karena bersama, elok niat karena mufakat”, pungkas Arip.

Sementara itu, Koordinator Roms 4 Provinsi Riau yang diwakili Tenaga Ahli CDCB, Konisas SIP menyampaikan, saranan yang sudah dibangun dengan megah dan cantik ini diharapkan tidak hanya terlihat semangat diawal saja, manfaatkan klaborasi antara Pemdes dan PT EMP sehingga kebutuhan air bersih bagi masyarakat bisa berjalan dengan maksimal di Desa Bagan Melibur kedepan.

“Kita berharap kepada pihak EMP sekiranya ada program CSR dari Peusahaan kedepan mohon untuk diberikan info kepada teman kami Roms Kabupaten Meranti sehingga bisa saling berklaborasi lagi untuk Desa lain khususnya dalam program Pamsimas di wilayah operasional Perusahaan”, harap Konisas.

Selain itu, dalam mencapai ini semua tidak terlepas dari dukungan seluruh masyarakat tempatan dan komponen lainnya, tentu kami dari Roms 4 Provinsi Riau beharap jaga dan rawatlah aset kita bersama ini untuk dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat Bagan Melibur kedepan lebih baik, pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasi Pemerintahan Kecamatan Merbau, Wan Minarni SAg beserta staf, Tenaga Ahli CDCB, Konisas SIP beserta tim Roms 4 Provinsi Riau, tim PPK air minum Provinsi Riau, District Coordinator Kabupaten Meranti, Joshua Simanungkalit ST beserta tim Pamsimas Meranti, Field GPA Officer/Assistance EMP, Arip Hidayatuloh beserta staf, Ketua Asosiasi KPSPAM, Marhalim, Kades Bagan Melibur, Isnadi Esman SPd beserta perangkat, tokoh masyarakat dan komponen lainnya.(Andi)

By Andi