BERBAGI

SIAK (pesisirnasional.com)- Bersempena dengan peringatan Hari Konservasi Nasional yang jatuh pada tanggal 10 Agustus, Perusahaan Energi Mega Persada (EMP) Malacca Strait SA bersama Kelompok Laskar Mandiri melakukan penanaman mangrove di kawasan Mangrove Sungai Bersejarah (MSB) Kayu Ara Permai Kecamatan Sei Apit, Kabupaten Siak Provinsi Riau, Selasa (11/8/2020) kemarin.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Siak, Drs H Alfedri MSi, Camat Sungai Apit, Kepala BKSDA Provinsi Riau, Kepala Polisi Air Kabupaten Siak, Kapolsek Sungai Apit, sejumlah Anggota DPRD Siak dari daerah pemilihan Sungai Apit serta elemen masyarakat lainnya.

Dimana kegiatan itu dipusatkan di lokasi MSB Kayu Ara Permai yang menjadi ikon kegiatan edukasi mangrove di Kabupaten Siak. Menariknya lagi, di lokasi kegiatan pengunjung akan disuguhkan suasana kenyamanan wisata alam dengan menyusuri track jembatan kayu sepanjang 400 meter hingga ke bibir pantai. Selain itu, di pintu masuk pengunjung juga akan melihat lokasi pembibitan mangrove serta sejumlah informasi tentang mangrove.

Bupati Siak, Drs H Alfedri MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa Kabupaten Siak sangat concern dalam pelestarian alam dan konservasi. Karena pelestarian alam dan konservasi merupakan wujud dari motto pemerintah daerah yakni “Siak Hijau Siak Lestari”.

Lebih lanjut orang nomor satu di Pemerintahan Siak itu juga menyampaikan bahwa kegiatan pelestarian mangrove ini merupakan salah satu program konservasi laut Pemkab Siak dengan tujuan untuk menjaga habitat dan ekosistem laut.

“Pemerintah nantinya akan memasukkan Mangrove Sungai Bersejarah Kayu Ara Permai ke dalam kalender wisata Kabupaten Siak,” pungkas Bupati.

Terlihat dilapangan kegiatan yang berlangsung sederhana tersebut tetap mengikuti standar Protokol Kesehatan Covid-19, dimana dalam kegiatan itu juga dilakukan penanaman mangrove sefara bersama di sekitar Lokasi MSB Kayu Ara Permai.

Sementara GPA Manager EMP, Amru Mahalli dalam kesempatan itu mengatakan, bahwa EMP Malacca Strait SA sangat mendukung kegiatan tersebut karena berdampak positif untuk menjaga kelestarian alam, khususnya ekosistem pantai.

“Kami berharap agar Kelompok Laskar Mandiri sebagai mitra program EMP Malacca Strait SA dalam pelestarian mangrove di wilayah Kecamatan Sungai Apit ini kedepan semakin eksis dan mampu secara konsisten menjaga alam terutama habitat mangrove,” ungkapnya.(rls/Andi)