Tue. Jun 25th, 2024

MERANTI (pesisirnasional.com)- Sejak berdirinya Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Qur’an Subulussalam pada 6 Agustus 2018 yang lalu di lingkungan RT 04 / RW 01 jalan Rambutan Kelurahan Teluk Belitung, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, hingga tahun ini sudah dua kali pengurus Ponpes melakukan penobatan santri Tahfizd Al-Qur’an.

Buktinya, bersempena peringatan Hari Santri Nasional sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah, pengurus pondok pesantren Al-Qur’an Subulussalam kembali melaksanakan penobatan santri Tahfizd Al-Qur’an ke II di halaman pesantren jalan Rambutan Teluk Belitung pada Ahad (24/10/2021) yang tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ketua pengurus Ponpes Subulussalam, Mohd Maksum SAg MA dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan tersebut. Diharapkannya dengan momentum penobatan Tahfizd Qur’an ini dapat membantu memotifasi seluruh santri dan santriwati dalam belajar ilmu Agama demi kepentingan masa depan nantinya.

“Terima kasih saya sampaikan kepada seluruh panitia, orang tua wali santri, pemerintah dan seluruh masyarakat yang selama ini telah mendukung pesantren sehingga pendidikan hafalan Qur’an bagi generasi di Kecamatan Merbau bisa berjalan lancar. Semoga dengan dilaksanakannya penobatan Tahfizd Qur’an ini dapat memberi semangat bagi generasi kita dalam mempelajari Al-Qur’an kedepan,” ucap Mohd Maksum.

Dibeberkannya, saat ini jumlah santri di Ponpes Subulussalam sebanyak 41 orang. Yang mana dalam penobatan Tahfizd Qur’an kali ini dilakukan kepada sebanyak 19 orang santri yang sudah menghafal Al-Qur’an mulai dari 1 juz sampai dengan 7 juz. Dengan rinciannya yang hafalan 1 juz sebanyak 13 orang, hafalan 2 juz sebanyak 3 orang, hafalan 3 juz sebanyak 2 orang, dan hafalan 7 juz sebanyak 1 orang.

“Mudah-mudahan seluruh santri pesantren Subulussalam kedepan dapat lebih termotivasi dan semangat dalam mengejar hafalan Al-Qur’an sehingga semakin banyak generasi Qur’ani yang ada di Kecamatan Merbau guna membumikan Al-Qur’an,” pungkasnya.

Sementara itu Camat Merbau, Indat AMa Pd dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kecamatan Merbau merasa bangga dengan adanya generasi Qur’ani di Kecamatan Merbau, kedepan diharapkan semua pihak dapat membantu kemajuan pesantren Subulussalam gun meningkatkan kualitas pendidikan Islam nantinya di Kecamatan Merbau.

“Saya belum lama menjabat sebagai Camat Merbau turut bangga dan berterima kasih sekali kepada bapak ibu semua yang sudah banyak respon terhadap berbagai hal untuk kepentingan Kecamatan Merbau, ini merupakan penghargaan yang besar bagi saya. Tentunya langkah baik ini jangan hanya sampai disini saja, mari terus kita dukung kelanjutannya agar pendidikan di Ponpes Subulussalam dapat lebih maju dan berkembang lagi kedepannya, tanpa dukungan kita semua apa yang diharapkan akan sulit tercapai,” ungkap Camat Indat.

Menariknya lagi dalam kegiatan tersebut juga dilakukan uji coba dari kepada para Tahfizd Qur’an guna mengulangi bacaan atau hafalan Qur’annya sesuai pertanyaan dari para tamu undangan. Selain itu, sebelum kegiatan juga dilaksanakan pawai bersama para santri Ponpes berjalan kaki bersama para guru dan orang tua di wilayah Kelurahan Teluk Belitung.

Terlihat hadir, selain Camat Merbau dan staf Pemcam Merbau, Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti H Khalid Ali SE, Ketua LAMR Kecamatan Merbau Syafruddin SHum, Ketua Ponpes Subulussalam Mohd Maksum SAg MA dan pengurus, tokoh Agama, tokoh masyarakat, orang tua wali santri dan komponen lainnya.(Andi)

By Andi